Hit Enter to search or Esc key to close
Cara booking online bromo

Cara Booking Online Bromo

Cara Booking Online Bromo

Cara booking online bromo

Sejak pandemi Covid-19, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) resmi ditutup pada Maret 2020. Dua bulan lalu, tepatnya 28 Agustus 2020, TNBTS resmi dibuka kembali. Dengan begitu wisatawan lokal maupun mancanegara bisa kembali menikmati keindahan Gunung Bromo. Meski terbuka untuk umum, wisatawan yang ingin berkunjung ke TNBTS tetap perlu memperhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah proses pembelian tiket melalui pemesanan online. TNBTS mewajibkan semua calon pengunjung untuk memesan secara online. Tujuannya untuk mengurangi risiko penyebaran virus dengan mengumpulkan wisatawan di pintu gerbang. Oke, berikut cara memesan tiket bromo:

Membuka Situs Resmi Booking Online Bromo

Hal pertama yang harus dilakukan calon pengunjung adalah mengunjungi situs resmi pemesanan online Bromo bookingbromo.bromotenggersemeru.org. Disarankan agar pengunjung menggunakan browser Google Chrome untuk melakukan reservasi dengan lancar. Setelah itu klik Pesan Sekarang untuk melanjutkan proses pemesanan.

Lengkapi Data dengan Mencentang Persyaratan

Setelah mengklik Pesan Sekarang, halaman entri data akan muncul dengan persyaratan untuk akses ke kawasan TNBTS. Daftar tersebut menunjukkan persyaratan yang harus dibawa oleh calon pengunjung. Persyaratan tersebut antara lain sertifikat SMS untuk pembayaran booking online, KTP, paspor turis asing, dan sertifikat kesehatan, yang juga harus menunjukkan tidak ada gejala ISPA. Setelah Anda memahami dan melengkapi persyaratan ini, klik Daftar.

Pilih Tanggal Keberangkatan

Kolom “Bulan Kunjungan” dan kolom “Site” akan muncul. Pada kolom Site ini terdapat beberapa pilihan yaitu Bukit Cinta, Bukit Kadaluh, Penanjakan, Mentigen, Savanna / Bukit Teletubbies. Anda dapat memilih salah satu tempat ini. Setelah mengecek ketersediaan kuota, Anda dapat melanjutkan proses pemesanan.

Pilih Pintu Masuk dan Jenis Kendaraan

Calon wisatawan wajib mengisi pilihan pintu masuk dan kendaraan yang akan dilalui.

Lengkapi Form dengan Mengisi Data Ketua dan Jumlah Anggota

Setelah itu, isi data ketua kelompok dan jumlah anggota wisatawan yang ikut. Anda wajib mengisi dengan jujur sesuai dengan KTP atau kartu identitas lainnya.

Sedangkan kolom yang harus diisi antara lain nama ketua kelompok, kewarganegaraan, jenis kelamin, jenis identitas, nomor telepon dan email.

Lengkapi Jumlah Anggota WNI atau WNA

Kemudian masuk tahap pengisian jumlah Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA). Jika membawa WNI isikan saja di kolom jumlah WNI. Jika ingin mendatangkan WNA, silahkan isi kolom “Jumlah WNA”.

Setelah mengisi, silahkan mulai dengan jumlah member, waktu kunjungan dan kendaraan yang digunakan berupa detail reservasi online sesuai informasi konfirmasi reservasi. Harga yang harus Anda bayarkan dicetak pada konfirmasi pesanan. Jika sesuai, Anda dapat mengklik Kirim untuk menyetujui semua persyaratan dan kebijakan TNBTS.

Periksa Nomor Virtual Account

Pada tahap selanjutnya, Anda dapat memeriksa akun virtual. Anda bisa mengeceknya melalui halaman website booking online. Masukkan kode reservasi pada halaman pencarian situs reservasi online bromo, atau kirim email ke calon ketua.

Selanjutnya, bayar menggunakan akun virtual. Jika pembayaran tidak dilakukan dalam waktu 2 jam setelah pendaftaran atau pemesanan, maka akan hangus.

Ketua Kelompok Menerima SMS dan Email

Setelah pembayaran, ketua tim akan menerima pesan teks dan sertifikat pembayaran email. Simpan SMS pembayaran karena akan digunakan sebagai bukti pembayaran untuk lokasi tersebut.

Cek Status Booking

Anda dapat mengecek ulang status pemesanan dengan mengunjungi halaman website pemesanan online. Untuk melakukan ini, masukkan kode reservasi pada halaman pencarian di website reservasi online bromo. Jika berhasil, status pesanan akan tertulis disetujui.

Selain proses booking, calon pengunjung juga harus mematuhi peraturan kesehatan Bromo. Layaknya memakai masker, jaga jarak 1,5 meter dan periksa suhu tubuh Anda. Jika pengunjung tidak mematuhi protokol kesehatan apa pun, pengunjung tidak akan dapat melanjutkan perjalanannya.

Kami juga menyediakan paket wisata bromo new normal bagi anda yang tidak ingin ribet memesan tiket online. Dengan mengikuti open trip bromo dari kami, anda tidak perlu khawatir kehabisan kuota kunjungan dari TNBTS.