Kenali Perbedaan Resort, Villa, Hotel, Hostel Dan Guesthouse
Hit Enter to search or Esc key to close
Blog thumbnail

Kenali Perbedaan Resort, Villa, Hotel, Hostel Dan Guesthouse

Kenali Perbedaan Resort, Villa, Hotel, Hostel Dan Guesthouse

Blog thumbnail ,

Kenali Perbedaan Resort, Villa, Hotel, Hostel dan Guesthouse

Bagi kamu yang senang berlibur pasti sudah tidak asing dengan penginapan,bagi mereka yang ingin berlibur ke luar kota pasti kebanyakan akan menginap untuk bermalam atau hanya sekedar beristirahat dari perjalanan jauh yang melelahkan.anda bingung ingin memilih penginapan yang seperti apa resort,villa,holtel,hostel atau guest house?Berikut adalah perbedaan resort,villa,hotel,hostel,dan guesthouse.

Resort

perbedaan resort

Pengertian resort  adalah sebuah tempat yang banyak dijumpai pada daerah tujuan yang tidak lagi diperuntukan bagi orang-orang yang singgah untuk sementara. Resort didesain untuk para wisatawan yang berekreasi.

Resort ini dapat berupa resort yang sederhana dan sampai resort mewah, dan dapat mengakomodir berbagai kebutuhan mulai dari keluarga bahkan sampai kebutuhan bisnis.

Resort biasanya berada pada tempat- tempat yang dilatar belakangi oleh keadaan alam pantai, atau di lokasi dimana fasilitas seprti lapangan golf dan lapangan tenis disediakan.

Villa

Villa meraupakan sebuah tempat yang biasa digunakan untuk menginap atau bermalam dengan menawarkan keindahan view alam serta ketenangan bagi penghuninya. Umumnya, persewaan villa semakin membludak ketika memasuki akhir pekan atau saat libur panjang hari besar seperti natal, tahun baru, lebaran, atau imlek.

Sebagai sarana penunjang liburan, idealnya Villa dibangung dengan memperhatikan berbagai macam aspek untuk bisa menarik wisatawan misalnya harus dilengkapi dengan fasilitas memadai, area bermain anak, kolam pemancingan, pemandangan yang indah serta sarana rekreasi lainnya.

Kebanyakan Villa dibangung di daerah danau, perbukitan, kawasan pergunungan yang mempunyai iklim sejuk tapi tetap bisa dijangkau dengan mudah oleh kendaraan pribadi seperti misalnya Villa Batu Malang, Villa Lembang, Villa Bali, Villa Bogor, Villa Songgoriti, dan lain sebagainya.

Hotel

perbedaan resort

Hotel adalah sarana yang digunakan untuk tempat tinggal umum bagi para wisatawan. Hotel akan memberikan pelayanan berupa jasa kamar, makanan dan minuman, serta jasa akomodasi. Akan tetapi, jika ingin merasakan pelayanan-pelayanan tersebut, pengguna hotel tersebut harus membayarnya.

Berdasarkan beberapa pengertian di atas, dengan demikian dapat ditemukan beberapa kata kunci yang telah membentuk pengertian hotel secara menyeluruh. Hotel memiliki arti yaitu sebuah bangunan atau sebagian bangunan atau rumah yang ukurannya terbilang besar. Hotel umumnya disebut dengan bangunan akomodasi.

Hotel akan menyediakan jasa-jasa penginapan yang bisa dipakai untuk tempat beristirahat sementara waktu. Tidak hanya itu, hotel juga akan menyediakan jasa dalam hal makanan dan minuman. Jika memerlukan sebuah layanan tambahan, hotel juga akan memberikan jasa tambahan tersebut. Hotel adalah sesuatu yang dikelola secara komersial.

Hostel

Beautiful modern interior and exterior of accommodation for travelers and backpackers in beach area where mostly young people stay for relaxing holiday. Architecture is mixture of concrete, wood, steel and glass, with open space concept. Property is made of eco-friendly materials.

Hostel adalah sebuah penginapan yang memiliki biaya yang lebih murah dibanding hotel. Beberapa orang menyebut hostel ini dengan hotel budget. Yang artinya biaya menginap per malam jauh lebih murah dibanding hotel pada umumnya.

Mengapa lebih murah? Karena fasilitas yang diberikan juga biasa. Mulai dari kamar, ada kamar yang ukurannya besar tetapi digunakan lebih dari satu orang. Ada yang untuk 6 orang hingga 10 orang, tergantung masing-masing hostel. Tetapi 10 orang ini merupakan penginap yang berbeda lho ya. Jadi kalau kamu menginap di hostel akan satu kamar dengan orang-orang yang belum kamu kenal.

Tapi ada juga kamar yang digunakan sendiri, namun ukurannya sangat kecil.

Masalah fasilitas lain seperti kamar mandi, biasanya menggunakan sistem sharing. Artinya satu kamar mandi digunakan banyak penginap. Jadi kalau kamu mandi atau ke toilet harus antri.

Di hostel ini juga tidak ada pembagian tipe atau kelas seperti yang ada di hotel. Ketika kamu datang ke hostel ya akan diberikan satu pilihan saja. Kalaupun ada beberapa pilihan itu pun fasilitasnya juga sama saja dan harganya masih tergolong murah.

GuestHouse

perbedaan resort
Shot of a beautiful house in middle of nature

Guest house merupakan sejenis fasilitas akomodasi, baik milik perorangan maupun perusahaan, yang diperuntukkan khusus tamuhendak menginap. Guest house juga dapat berupa rumah pribadi yang dikonversi untuk kepentingan tamu. Fasilitas yang akan ditawarkan di guest house sederhana saja, sebagian besar tanpa menyediakan keperluan makan dan minum tamunya, walaupun pada beberapa guest house juga ditemui fasilitas makan gratis yang bisa dipesan sewaktu-waktu. Biasanya, guest house dengan fasilitas seperti ini juga membiarkan tamunya memilih menu makanan mereka sendiri.

Di beberapa negara di dunia, guest house difungsikan lebih mirip dengan hotel, dengan para tamu juga akan mendapatkan fasilitas makan. Guest house juga seringkali diartikan sebagai wisma atau penginapan. Di berbagai lokasi, tak jarang guest house disebut sebagai asrama. Di Indonesia, umumnya guest house akan banyak dijumpai di kota-kota besar seperti Jakarta, bali, Bandung, Surabaya, Jogja, dan lain-lain karena kebutuhan akan tempat menginap sementara cukup tinggi. 

Ciri khas yang menjadi pembeda antara guest house dengan hotel berbintang adalah tarifnya yang cenderung lebih murah. Selain itu, guest house cenderung dikelola oleh pemiliknya sendiri, berbeda dengan hotel yang dikelola oleh staf penuh waktu. Tak jarang pula pemilik guest house biasanya memiliki ruang tersendiri di daerah bangunan rumah. Pemilik guest house biasanya juga merangkap pekerjaan mereka. Untuk kelas guest house rendah, biasanya pemilik juga menjadi petugas kebersihan dan penjaga guest house selama tamu menginap.

Jika anda sudah mengetahui perbedaan resort,villa,hotel,hostel dan guest house bijaklah memilih penginapan yang sesuai kebutuhan anda serta keinginan anda agar memberi kesan liburan yang nyaman dan menyenangkan.Jika ingin memesan penginapan usahakan sudah dari jauh-jauh hari agar anda tidak kalang kabut mencari penginapan apalagi mendadak pada hari H.

Sekian Artikel perbedaan resort,villa,hotel,hostel dan guest house kali ini semoga bermanfaat dan semoga liburan anda terasa nyaman dan aman jangan lupa mengunjungi website kami untuk mencari villa di kota batu di villabatumalang.co.id dan untuk paket wisata anda bisa mengunjung website wisata-batumalang.com