Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba - Villabatumalang.co.id
Hit Enter to search or Esc key to close
makanan Khas Surabaya

MAKANAN KHAS SURABAYA LEGENDARIS REKOMENDASI WAJIB DICOBA

MAKANAN KHAS SURABAYA LEGENDARIS REKOMENDASI WAJIB DICOBA

makanan Khas Surabaya

10 REKOMENDASI MAKANAN KHAS SURABAYA LEGENDARIS WAJIB DICOBA

By : Jannet Hillary

Surabaya adalah salah satu kota terbesar di Indonesia serta sentra industri, di Surabaya menjadi tempat tujuan para orang yang akan berbisnis maupun wisatawan. Tentunya bukan hanya bisnis dan wisatawan lokal saja, tapi banyak juga yang berasal dari mancanegara.

Karena faktor tersebut bisnis didaerah Surabaya menjadi sangat berkembang, begitu juga dengan kulinernya. Karena di Surabaya banyak pengunjung yang dari luar Surabaya membuat kuliner yang ada di Surabaya menajdi semakin banyak dan semakin beragam, dari yang kering sampai yang basah semuanya ada di Surabaya. Berikut rekomendasi makanan khas Surabaya yang wajib kamu coba.

 RAWON

Rawon adalah salah satu makanan khas Surabaya yang sangat terkenal karena memilih kekhasan warna dan rasa. Rawon terkenal dengan kuah hitam dan daging empuk yang terasa gurih saat disantap. Kuah hitam rawon ini terbuat dari rempah-rempah, seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, lengkuas, cabai, kunyit, asam jawa, biji keluak, dan jahe. Bahan-bahan inilah yang membuat citarasa rawon menjadi berbeda.

LONTONG BALAP

Makanan khas Surabaya berikutnya yang wajib dicoba, yaitu lontong balap. Kuliner ini terdiri dari lontong, tahu goreng, tauge, lentho, bawang goreng, sambal, dan kecap. Cara menyajikannya juga cukup mudah. Pertama-tama, lontong diiris-iris, dan diberikan potongan tahu goreng dan remasan beberapa lentho. Lentho berbentuk seperti tempe keras yang dibuat dari kacang tolo yang direbus dan dihaluskan. Adonan tersebut diberikan singkong parut, kecap, dan putih telur, kemudian digoreng sampai kering. Inilah yang menjadi ciri khas dari lontong balap.

Kemudian, lontong balap semakin lezat karena diberikan tauge setengah matang yang porsinya sangat banyak. Setelah itu, lontong balap akan diberikan kuah secukupnya, bawang goreng, kecap, dan sambal. Kuah lontong balap terbuat dari campuran air kaldu, bumbu yang khas, dan bawang goreng.

RUJAK CINGUR

Makanan tradisional ini memang menjadi khas Surabaya dan sangat mudah ditemukan. Arti dari cingur sendiri, yaitu mulut, yang mengacu pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. Rujak cingur identik dengan bumbu dasar kuahnya, yang terbuat dari petis udang, cabai, kacang tanah yang digoreng, dan gula merah.

Biasanya, rujak cingur terdiri dari irisan beberapa jenis buah, seperti timun, bengkuang, nanas, kedondong, dan mangga muda. Kemudian, bahan-bahan tersebut ditambah dengan lontong, tahu, tempe, cingur, dan bendoyo. Nah, akan semakin lengkap dengan sayuran, seperti taoge, kangkung, dan kacang panjang.

LONTONG KIKIL

makanan Khas Surabaya

Buat para pecinta kikil pasti akan suka dengan makanan yang satu ini. Lontong kikil merupakan satu dari banyaknya menu makanan yang menjadi favorit warga Jawa Timur. Makanan ini terdiri dari lontong dan irisan kikil sapi dengan kuah yang sedikit kental serta gurih. Kalau mampir ke Surabaya, wajib banget deh manjain lidah kamu dengan 1 porsi lontong kikil ini.

Lontong kikil juga merupakan jenis masakan berkuah dari Surabaya. Kuah dari masakan ini tergolong jenis kuah kental dari penggunaan bumbu halusnya, bukan dari santan.

SEGO SAMBEL

Sego sambel diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi nasi sambal. Makanan ini terdiri dari nasi, sambal, telur dadar, dan tempe. Terkesan sederhana tetapi punya cita rasa nikmat tersendiri ketika menyantap segi sambel. Namun, jika ingin lauk sedikit lebih mewah, biasanya di warung makan sego sambal juga tersedia pilihan lauk seperti ikan dan ayam goreng.

SPIOKOE LAPIS SURABAYA

makanan Khas Surabaya

Kue lapis Spikoe Resep Kuno Surabaya sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Jajanan satu ini merupakan jajanan legendaris yang juga cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Sejak awal berdiri Spikoe Resep Kuno mempertahankan resep kue lapisnya. Proses pembuatannya menggunakan telur yang sangat banyak sehingga teksturnya sangat lembut. Kue ini juga cocok dijadikan oleh-oleh khas dari Surabaya.

Kue ini memiliki tiga lapis dengan dua warna yakni kuning dan cokelat. Teksturnya yang lembut enak dijadikan camilan pendamping minum teh.

KLANTING

makanan Khas Surabaya

Makanan yang satu ini merupakan jajanan pasar manis atau bisa disebut kue basah. Klanting adalah kue yang terbuat dari tepung tapioka dan dibentuk layaknya jari. Kalnting sendiri memiliki rasa yang hambar, namun disajikan dengan parutan kelapa serta gula merah yanf menjadikan rasa dari klanting menjadi manis.

Klanting biasa dijajakan menggunakan keranjang anyaman besar, penjual biasanya tak hanya menjual klanting saja, namun jajanan ini biasa disandingkan dengan jajanan pasar lainnya.

SATE KLOPO

makanan Khas Surabaya

Ciri khas dari sate klopo adalah sate daging sapi yang ditaburi dengan parutan kelapa di atasnya. Bumbu dari sate klopo sendiri, yaitu bumbu kacang yang gurih. Makanan khas Surabaya ini juga memiliki penggemarnya dan menjadi kuliner favorit. Keunikan sate klopo khas Surabaya ini adalah bumbu olahannya. Sebelum dibakar daging sapi atau ayam akan dilumuri parutan kelapa yang gurih terlebih dahulu. Sebagai pelengkap saat penyajian juga akan ditambahkan serundeng, sejenis abon yang terbuat dari parutan kelapa.

TAHU CAMPUR

makanan Khas Surabaya

Tahu campur sebenarnya berasal dari Kota Lamongan. Namun, makanan ini bisa menjadi makanan khas Surabaya yang juga memiliki citarasa unik dan lezat. Tahu campur terdiri dari sop daging yang empuk, perkedel singkong, tahu goreng, taoge, selada air, mie kuning, dan kerupuk udang. Kemudian, semua bahan tersebut dicampurkan ke dalam bumbu petis, bawang goreng, dan sambal.

SOTO GUBENG

makanan Khas Surabaya

Soto gubeng juga menjadi makanan khas Surabaya yang sudah legendaris dan wajib untuk dicoba. Soto gubeng memiliki sejarah yang menarik karena sudah ada sejak zaman Belanda. Nah, asal nama Gubeng berasal dari stasiun yang paling besar di Surabaya. Rasa kaldu dari soto gubeng juga membuat makanan ini banyak peminatnya. Soto ini berbahan dasar daging ayam, sapi, dilengkapi dengan daun bawang, bawang goreng, jeruk nipis, nasi putih, dan sambal.

Itu tadi 10 rekomendasi makanan khas Surabaya yang wajib dicoba ketika berkunjung kesana. Jangan lupa selalu abadikan momen bersama orang-orang terkasih. Jika anda tertarik, anda bisa mengikuti paket wisata Indonesia dari kami yang tentunya dijamin tepat dan juga terpercaya. Selain itu kami juga menyediakan sewa villa di kota Batu.