Hit Enter to search or Esc key to close
Tanaman Asli Indonesia

Tanaman Asli Indonesia

Tanaman Asli Indonesia

Tanaman Asli Indonesia

Tanaman Asli Indonesia

By : Allis Restanura

Tengkawang

Description: Buah tengkawang.

Tengkawang merupakan nama buah sekaligus nama pohon penghasil minyak nabati. Pohon ini banyak tumbuh di Kalimantan dan sebagian kecil Sumatra. Dalam bahasa Inggris, tengkawang dikenal sebagai Illepe Nut atau Borneo Tallow Nut. Karena habitat tumbuh di wilayah Kalimantan Barat, maka tengkawang digunakan sebagai maskot dari provinsi tersebut.

Kokoleceran

Description: Kokoleceran, Maskot Banten yang Terancam Punah | Inibaru.id

Tanaman langka ini menjadi maskot provinsi Banten. Karena memang kokoleceran hanya ditemukan di provinsi Banten tepatnya di Taman Ujung Kulon. Meskipun begitu, tanaman ini sangat jarang dijumpai keberadaannya.

Pohon Damar

Description: Pohon-Damar

Pohon damar tumbuh menjulang tinggi hingga mencapai 60 m. Selain dimanfaatkan kayunya, getah damar digunakan sebagai bahan pembuatan kopal. Kopal adalah bahan dasar cairan pelapis serta lak atau vernis. Karena manfaat itulah pohon ini sering ditebang sehingga populasi menipis.

Rafflesia Arnoldi

Description: Rafflesia-arnoldi

Rafflesia Arnoldi merupakan bunga raksasa dengan bau busuk yang menyengat. Semua orang pasti tidak asing dengan Tanaman Asli Indonesia yang satu ini. Bunga Rafflesia tumbuh melebar ke samping, ketika mekar diameternya bisa mencapai 1 meter dengan berat mencapai 10 kg. Untuk mencapai bunga besar dibutuhkan masa tumbuh hingga 9 bulan. Namun bunga ini hanya mekar selama 7 hari sebelum kemudian layu dan mati. Bunga ini tidak dapat hidup langsung di tanah. Kelangsungan hidupnya sangat bergantung pada tumbuhan inang. Bunga Rafflesia mudah dijumpai di daerah Bengkulu, Jambi, dan Sumatra Selatan.

Bunga Bangkai

Description: Bunga-bangkai

Bunga bangkai memang tergolong bunga raksasa yang mengeluarkan bau busuk seperti bangkai. Bau busuk tersebut bertujuan untuk mengundang serangga yang membantu proses penyerbukan. Ciri yang mirip dengan bunga Rafflesia membuat banyak orang salah sebut untuk keduanya padahal sebenarnya mereka sangat berbeda.. Untuk bunga bangkai dapat tumbuh tinggi menjulang ke atas hingga mencapai 4 meter. Saat mekar, bagian luar berwarna krem dengan mahkota merah tua keunguan. Sama seperti Rafflesia, bunga bangkai hanya mekar selama 7 hari.

Kantong Semar

Description: kantong-semar

Yang satu ini disebut langka tapi sebenarnya tidak langka juga, tapi tetap saja banyak orang yang beranggapan kantong semar adalah tanaman langka. Faktanya kantong semar banyak ditemukan di hitam tropis Indonesia terutama daerah Sumatra dan Kalimantan, bahkan bibitbunga.com juga menjual tanaman kantong semar atau disebut juga Nepenthes dengan aneka varietas,. Kantong semar termasuk tumbuhan karnivora karena dapat memakan berbagai serangga. Kantong semar harus menunggu hingga usia dewasa untuk dapat memangsa serangga. Tumbuhan karnivora ini mempunyai kelenjar nectar di bagian tutup kantong. Jika sudah banyak serangga yang terjebak, maka kantong akan langsung tertutup. Kemudian kantong semar akan mencerna serangga untuk diambil nutrisinya.

Bunga Edelweis

Tanaman Asli Indonesia

Anaphalis javanica atau edelweis menjadi salah satu jenis bunga yang masuk daftar tanaman langka. Bunga ini mudah tumbuh di pegunungan Jawa, bahkan menjadi tanaman yang pertama tumbuh setelah erupsi. Meskipun telah dipetik bunga edelweis tidak langsung layu, makanya banyak pendaki membawa edelweis sebagai buah tangan. Itulah yang menjadi penyebab populasi bunga ini menurun pesat. Bunga ini mekar antara bulan April hingga Agustus. Dengan tinggi batang sekitar 8 meter, usianya mampu mencapai 100 tahun. Artikel kami tentang Edelweis sebagai bunga abadi juga membahas lebih rinci tentang statusnya sebagai tanaman Indonesia yang hampir punah.

 Anggrek Tebu

Tanaman Asli Indonesia

Anggrek tebu masih termasuk dalam keluarga bunga anggrek. Jenis ini termasuk yang paling besar di keluarganya. Satu rumpun anggrek tebu dewasa bisa memiliki berat hingga 1 ton lebih dengan panjang hingga 3 meter. Bunga ini berwarna kuning dengan bintik-bintik coklat, merah, dan merah kehitaman. Keunikan anggrek tebu, meskipun dipotong batangnya tetapi bunga bisa bertahan hingga 2 bulan.

Anggrek Hitam

Tanaman Asli Indonesia

Anggrek hitam mudah tumbuh di wilayah hutan belantara. Anggrek ini mudah ditemukan di Kalimantan Timur. Sama seperti namanya, ciri khas terletak pada bunga yang mempunyai lidah hitam. Orang Inggris biasa menyebut bunga ini dengan Black Orchid. Sebelumnya artikel tentang Bunga Anggrek Hitam (Black Orchid) yang terancam punah telah kami dibahas secara khusus.

Anggrek Hartinah

Tanaman Asli Indonesia

Nama bunga ini sangat berbau Indonesia, tumbuhnya pun hanya di wilayah Sumatra Utara. Anggrek dengan nama latin Cymbidium hartinahianium mempunyai nama lain anggrek Tien Soeharto. Anggrek hartinah merupakan anggrek tanah yang hidup merumpun. Pertama ditemukan tahun 1976 di Kabupaten Samosir.

Daun Payung atau Daun Sang

Tanaman Asli Indonesia

Tumbuhan ini mempunyai nama ilmiah Johannestijsmania altifrons yang diambil dari nama penemunya Profesor Teijsman. Ciri khas tumbuhan ini yaitu daun sangat besar, lebar, serta kuat. Jaman dahulu serung dimanfaatkan sebagai atap sehingga masyarakat menamakan daun payung. Daun sang mudah hidup di daerah Sumatra.

Itu tadi 11 spesies Tanaman Asli Indonesia. Jangan lupa selalu abadikan momen bersama orang-orang terkasih. Jika anda tertarik, anda bisa mengikuti paket wisata Indonesia dari kami yang tentunya dijamin tepat dan juga terpercaya. Selain itu kami juga menyediakan sewa villa di kota Batu.

Write a Review

Your email address will not be published.

Rating*