Hit Enter to search or Esc key to close
makanan khas magelang

Makanan Khas Magelang yang Legendaris

Makanan Khas Magelang yang Legendaris

makanan khas magelang

Makanan Khas Magelang yang Legendaris

By : Jannet Hillary

Magelang adalah salah satu kota di Indonesia yang terletak di provinsi Jawa Tengah yang sekaligus menjadi ibukota dari kabupaten Magelang. Magelang tetap menyimpan sejuta pesona yang akan selalu dicintai oleh mereka yang pernah berkunjung ke kota berjuluk Kota Santri atau Kota Getuk ini.

10 REKOMENDASI MAKANAN KHAS MAGELANG LEGENDARIS WAJIB DICOBA

Dimulai dari potensi wisata yang dimiliki oleh Magelang, seperti hamparan gunung-gunung besar yang tampak indah hingga Candi Borobudur yang terkenal hingga mancanegara. Bukan hanya sektor pariwisatanya, Magelang juga menyimpan segudang kuliner enak yang patut dibanggakan. Berikut rekomendasi makanan khas magelang yang wajib kamu coba.

 NASI GORENG MAGELANGAN

Nasi goreng yang menyematkan nama kotanya sendiri pada nama makanan yang umum ditemukan di dalam dan luar negeri ini tentu memiliki ciri khas yang bisa membuat semua orang jatuh cinta saat mencobanya. Nasi goreng magelangan disajikan bersama menu yang tak biasa, yakni mie basah dan balungan atau tulang ayam. Untuk cita rasanya, makanan khas Magelang ini sangat gurih karena dicampur dengan kuah kaldu ayam saat memasaknya. Jika kamu mau mencobanya, nasi goreng magelangan dijual mulai harga Rp12.000an

KETUPAT TAHU

Di Indonesia ada beberapa jenis kupat tahu, tapi yang paling dikenal oleh masyarakat luas berasal dari Surakarta, Singaparna, dan Magelang. Ketupat magelang mempunyai perbedaan yang terletak pada bumbu dan bahan pelengkap. Kupat tahu sendiri jika di Jakarta akan mirip dengan ketoprak. Sajian utama yang diberikan oleh hidangan ini terdiri dari ketupat atau lontong, tahu yang sudah digoreng, dan tauge serta irisan kembang kol. Untuk bumbunya, kupat tahu disajikan bersama saus sambal kacang yang juga bisa ditambah tingkat kepedasannya dengan memberikan beberapa sendok sambal. Penyajian kupat tahu juga tak jarang diperlengkap dengan kerupuk dan irisan timun.

OPOR ENTHOG

Opor enthog juga termasuk ikon kuliner kota Magelang yang merujuk pada makanan berkuah yang menggunakan angsa sebagai hidangan utamanya. Angsa atau enthog yang diolah menjadi opor pertama-tama disembelih lalu dimasak dengan cara dibakar menggunakan tungku hingga semua bulunya rontok. Saat dibakar daging enthog juga mengeluarkan lemak dan minyak sehingga kuah kaldu opornya lebih kental dan berminyak dibuatnya. Opor enthog dan opor ayam berbeda dengan opor ayam. Jika opor ayam kuah dan kaldunya disatukan, opor enthog memisahkan kuah dan enthognya. Penyajian opor enthog biasa dilakukan bersama nasi putih, lalapan mentimun dan daun pepaya, serta sambal ijo jelantah.

SUP SENEREK

Kehangatan kota Magelang akan terasa lebih lengkap jika dinikmati bersama semangkuk sup senerek. Kuliner yang konon mendapat pengaruh dari kolonial Belanda ini menjadi salah satu hidangan unik dan favorit di kota Magelang. Bedanya, sup senerek mempunyai ciri khas pada penambahan bayam dan kacang merah. Kuah kaldu daging yang baru diangkat dari panci rebusan bisa menghangatkan dan menyegarkan tubuh. Sup senerek umumnya disajikan dengan nasi putih. Di beberapa warung makan di Magelang, sup senerek juga terkadang dimakan bersama cemilan lauk dan peceh wuih berbumbu pedas.

BUNTIL DAUN TALAS

Buntil adalah panganan tradisional yang sangat terkenal di dataran Jawa. Jika pada umumnya buntil berbentuk gumpalan berisikan campuran makanan yang dibalut menggunakan daun pepaya, maka di Magelang kamu bisa menemukan buntil yang memakai daun talas sebagai pembungkus isiannya. Buntil daun talas menjadi salah satu makanan tradisional khas Magelang yang rasanya tak kalah enak dengan buntil daun pepaya. Untuk membuat buntil daun talas, orang Magelang biasanya memilih daun talas yang masih muda. Sedangkan untuk isiannya bisa berupa parutan kelapa, udang asin, dan biji petai. Buntil daun talas bisa dihidangkan bersama nasi hangat dan menu pendamping seperti ikan pindang, lalapan biji kacang panjang, dan sambal bawang.

MANGUT BEONG

Jajaran makanan enak khas Magelang yang bisa kamu coba selanjutnya adalah mangut beong. Selain di Magelang, mangut beong juga terkenal di kota-kota lain di Jawa Tengah. angut sendiri adalah masakan berbentuk gula dengan kuah kaldu yang encer dan bercita rasa pedas. Bahan baku yang dipilih untuk mangut oleh masyarakat Magelang umumnya adalah ikan beong. Ikan beong adalah ikan air tawar sejenis lele dengan ukuran yang lebih besar. Bagian beong yang kerap disantap dalam sajian mangut adalah bagian kepalanya. Ikan beong pada mulanya diproses dengan cara digoreng yang kemudian dicampurkan ke kuah super pedas hingga bumbunya meresap.

SEGO GODOG

Dalam bahasa Jawa, sego berarti nasi dan godog berarti rebus. Jadi sego godog magelang ini merupakan hidangan berbahan utama nasi yang direbus. Sego godong termasuk makanan khas Magelang yang banyak diburu orang. Biasanya panganan ini menjadi menu alternatif untuk mereka yang bosan menyajikan nasi putih hangat pada umumnya. Sego godog atau nasi godong termasuk makanan yang kaya gizi. Meskipun makanan ini terkesan sangat kuno, tapi semua orang menyukainya dengan alasan selain enak, makanan ini juga menyehatkan.

SEGO MEGONO

Makanan Khas Magelang yang Legendaris

Sego megono adalah makanan khas Magelang berupa nasi yang disantap bersama megono atau kluban. Megono sendiri di tanah Magelang merupakan sayuran yang dikukus dan dibumbui dengan lombok, kencur, dan jeruk purut. Megono yang sudah direbus juga diperlengkap dengan taburan ikan teri goreng atau bakar. Sayuran yang dipakai untuk membuat sego megono juga beragam. Dari sekian banyak macam sayur, makanan khas Magelang ini memilih beberapa jenis sayur seperti daun ketela, daun pepaya, kecambah, daun kacang panjang, bayam, nangka muda, dan bahkan rebung.

GETUK TRIO

Makanan Khas Magelang yang Legendaris

Getuk yang merupakan makanan ringan berbahan dasar singkong banyak sekali diproduksi di Magelang. Dari kebiasaan masyarakatnya yang masif melakukan pembuatan getuk, tak heran jika Magelang menyandang sebutan Kota Getuk. Salah satu getuk yang terkenal di Magelang adalah Getuk Trio. Getuk Trio sendiri merupakan merk getuk yang juga terbuat dari bahan baku berupa singkong. Sepak terjang Getuk Trio di tanah Magelang telah mendapat apresiasi dari penduduk lokal maupun bukan. Getuk Trio bisa dibeli sebagai oleh-oleh untuk wisatawan. Tekstur kue getuknya legit dan rasanya manis. Getuk Trio tidak mengandung bahan pengawet sehingga daya tahannya hanya mencapai dua hari saja.

SLONDOK

Makanan Khas Magelang yang Legendaris

Untuk kamu yang belum tahu, slondok adalah makanan ringan berbentuk kerupuk yang terbuat dari bahan dasar singkong. Karena dibuat dari singkong, slondok tak hanya menjadi camilan yang numpang lewat di perut, tetapi juga bisa membuat perut kenyang. Kerupuk slondok biasanya dibuat dalam berbagai varian rasa, seperti slondok keju, slondok balado, dan slondok rasa lain. Di Magelang, kerupuk slondok cukup banyak dijual oleh penjual oleh-oleh khas Magelang.

Itu tadi 10 kuliner favorit khas Magelang. Jangan lupa selalu abadikan momen bersama orang-orang terkasih. Jika anda tertarik, anda bisa mengikuti paket wisata Indonesia dari kami yang tentunya dijamin tepat dan juga terpercaya. Selain itu kami juga menyediakan sewa villa di kota Batu.

Write a Review

Your email address will not be published.

Rating*