Hit Enter to search or Esc key to close
Stargazing di Indonesia

Tempat Memukau Untuk Menikmati Stargazing di Indonesia

Tempat Memukau Untuk Menikmati Stargazing di Indonesia

Stargazing di Indonesia

Tempat Memukau Untuk Menikmati Stargazing di Indonesia

By : Sifra Millenia

Mengamati gugusan bintang atau stargazing merupakan kegiatan liburan yang sangat unik dan mengasyikkan. Namun terkadang, polusi dari lampu-lampu kota membuat pengalaman stargazing menjadi kurang mengesankan. Tidak harus dataran tinggi, pantai pun bisa jadi tempat yang bagus untuk mengamati bintang. Waktu yang terbaik untuk stargazing di Indonesia adalah ketika musim kemarau tiba, yakni antara bulan Maret hingga Oktober. Jangan pula lewatkan momen-momen khusus, seperti hujan meteor atau komet yang melintas, dan hindari bepergian saat bulan purnama karena cahaya bulan bisa mendominasi langit.

Gunung Batur

Terletak di Bali, objek wisata ini memang menjadi tempat populer yang dikunjungi ketika siang hari karena pemandangannya yang indah. Namun gunung tertinggi kedua di Bali ini ternyata menyuguhkan pemandangan langit yang indah ketika malam hari. Lokasinya yang cukup terpencil dan jauh dari perkotaan membuat area di sekitar Gunung Batur ketika malam hari sangat gelap. Sehingga kamu lebih mudah mengamati bintang terbaik dan stargazing dengan jelas. Selain itu kamu juga bisa melakukannya ketika sedang perayaan Nyepi dimana Bali menjadi gelap tanpa cahaya.

Maros, Sulawesi Selatan

Maros merupakan salah satu kabupaten yang cukup besar di Sulawesi Selatan. Berjarak sekitar 30 km dari ibukota Kabupaten Maros terbentang sebuah pegunungan karst terbesar ketiga di dunia yang diberi nama Rammang-Rammang. Terdapat beberapa titik yang menjadi primadona para stargazer, salah satu diantaranya terletak di Kampung Berua. Untuk menuju ke sini, kamu bisa menyewa perahu dengan tarif Rp.200,000 per perahu yang mampu memuat hingga empat penumpang. Jika ingin menginap, kamu bisa mencoba Rammang-Rammang Ecolodge dengan tarif Rp.350,000 per malam. Pemandangan batuan kapur, hutan batu dan tanaman mangrove dijamin akan menambah kesan yang mendalam saat melakukan stargazing di sini.

Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Taman Nasional Togean juga merupakan spot yang asyik untuk mengamati bintang. Lokasi yang paling bagus terletak di sekitar pesisir pantai dimana jangkauan langit seolah menjadi tak terbatas. Untuk kesini, kamu harus menempuh kurang lebih 12 jam perjalanan laut dengan kapal feri dari Gorontalo, atau 10 jam perjalanan darat dari Palu ke Ampana ditambah dengan perjalanan laut selama 4 jam dari Ampana ke Wakai. Karena lokasinya yang tidak mudah ditempuh, kamu tidak perlu takut berebut spot dengan stargazer lain.

Pulau Hoga, Wakatobi

Pulau Hoga adalah salah satu pulau kecil di Wakatobi yang merupakan rumah bagi para peneliti internasional untuk mempelajari ekosistem bawah laut. Para wisatawan lokal mungkin lebih memilih Pulau Tomia di Wakatobi sebagai destinasi wisata, namun jangan salah, di Pulau Hoga, kamu bisa menemukan Dive Resort yang tidak hanya menyajikan eksotisme pemandangan pantai, tapi juga keindahan langit malam Wakatobi yang sangat menakjubkan

Pulau Moyo, Sumbawa

Pulau kecil seluas 350 kilometer persegi ini terletak di pesisir Pulau Sumbawa. Dinaungi oleh hutan tropis, air terjun dan batu karang yang indah, Pulau Moyo berhasil menjadi salah satu destinasi wisata yang belum banyak diketahui keindahannya. Untuk ke sini, kamu harus melalui perjalanan laut kurang lebih satu setengah jam dengan boat sewaan. Di luar lokasinya yang cukup terisolasi dan tidak mudah ditempuh, terdapat sebuah resort mewah eksklusif yang menawarkan pengalaman glamping di pulau ini. Di resort inilah kamu bisa menikmati ketenangan dan langit malam yang penuh dengan bintang kecil yang indah.

Itu tadi 5 spot terbaik untuk melihat stargazing yang ada di Indonesia. Jangan lupa selalu abadikan momen bersama orang-orang terkasih. Jika anda tertarik, anda bisa mengikuti paket wisata Indonesia dari kami yang tentunya dijamin tepat dan juga terpercaya. Selain itu kami juga menyediakan sewa villa di kota Batu.