Hikmah Haji dan Umrah Yang menyejukkan Hati - Villa Batu Malang
Hit Enter to search or Esc key to close

Hikmah Haji dan Umrah Yang menyejukkan Hati

Hikmah Haji dan Umrah Yang menyejukkan Hati

Thumbnail

Muslim on Makkah
Photo by Yasir Gürbüz: https://www.pexels.com/photo/kabe-i-muazzama-11895059/

Hikmah merupakan arti atau makna yang mendalam, makna yang terkandung dibalik sebuah peristiwa.  Allah menjanjikan kepada umatnya yang mengerjakan haji dan umrah akan mendapatkan banyak hikmah serta manfaat. Hikmah haji dan umrah ditunjukkan dengan timbulnya suatu rasa pada diri manusia setelah memenuhi panggilan Allah SWT untuk melaksanakan kedua ibadah penting yaitu Haji dan Umrah.  Ibadah penting yang memberikan hikmah haji dan umrah yang termasuk dalam kewajiban umat islam yang tentunya berpahala.

Salah satu penelitian yang dilakukan di Harvard Edu, menemukan bahwa orang-orang yang berpartisipasi dalam haji meningkatkan ketaatan pada praktik islam secara global seperti doa dan puasa. Pada hal lain, hikmah haji danumrah ditujukkan dengan peningkatan kepercayaan pada oerdamaian, kesetaraan, serta keharmonisan antar pemeluk agama yang berbeda. 

Hikmah Haji dan Umrah

  1. Diganjar Surga

Dalam beberapa hadist Rasulullah SAW menjelaskan hikmah haji dan umrah, salah satunya saat beliau bersabda “Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga. (HR Bukhari dan Muslim).” Dalam hadist ini menjelankan bahwa seorang haji mabrur akan diganjar dengan surga. salah satu indikasi mabrur atau tidaknya seseorang adalah jika seluruh syarat dan rukun haji telah dilakukan dengan baik dan menjadi pribadi yang lebih baik setelah melakukan ibadah haji dan umrah. 

  1. Menjawab Panggilan Allah SWT

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadis:  “Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta berumroh adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karena itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti akan Allah beri. (HR Ibnu Majah).”

dengan melaksanakan ibadah haji dan umrah menandakan bahwa seorang telah menjawab panggilan Allah SWT dan menjadi tamu di tanah suci.

  1. Penghapusan Dosa

Setelah melakukan ibadah Haji dan Umrah maka dosa- dosa yang tekah diperbuat akan diampuni oleh Allah SWT. Sungguh sangat luar biasa hikmah yang diberikan Allah SWT kepada umatnya yang melakukan ibadah haji dan umrah mengingat manusia adalah tempatnya khilaf dan dosa. 

Dalam sebuah hadis, dari Abu Hurairah RA, beliau berkata: “Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, ‘Umrah satu ke umrah lainnya adalah penebus dosa antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada pahala baginya selain surga’. (HR Bukhari dan Muslim).”

  1. Pahala yang besar

Umat yang menunaikan ibadah haji dan umrah dengan baik akan mendapatkan pahala yang besar. Rasulullah SAW bersada: “Siapa yang berhaji ke Ka’bah lalu tidak berkata-kata seronok dan tidak berbuat kefasikan maka dia pulang ke negerinya sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibunya. (HR Bukhari).”

  1. Menguatkan Iman

Kebenaran Al-Quran yang semakin menguatkan iman dengan adanya bukti dari Allah SWT di tanah suci dengan mengumpulkan umat – umat dari seluruh pelosok dunia, yang berasal dari berbagai bangsa, warna kulit dan bahasa. 

Dalam Alquran surat Al-Hujurat ayat 13, Allah SWT berfirman: “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang lelaki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal.”

  1. Amalan yang paling baik

“Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW ditanya: ‘Amal apakah yang paling utama?’. Maka beliau menjawab: ‘Iman kepada Allah dan Rasul-Nya,’. Ditanyakan lagi: ‘Kemudian apa?’. Beliau menjawab, ‘Jihad di jalan Allah,’. Ditanyakan lagi: ‘Kemudian apa?’. Beliau menjawab: ‘Haji yang mabrur’. (HR Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah).” melalui hadist ini, dijelaskan bahwa ibadah haji merupakan salah satu amalan paling baik, bahkan amalan ini dinyatakan dengan istilah jihad di jalan Allah. 

  1. Mendapatkan tarbiah langsung dari Allah SWT

Rasulullah SAW bersabda: “Bahwa Allah Azza wa jalla telah menjanjikan akan ‘Rumah’ ini, akan berhaji kepadanya tiap-tiap tahun enam ratus ribu. Jika kurang, niscaya dicukupkan mereka oleh Allah dari para malaikat. (Bukhari dan Muslim).”  Tarbiah tersebut maksudnya adalah mendapatkan tempaan langsung dari Allah SWT sesuai dengan yang pernah dilakukan oleh para nabi sebelumnya. Tentunya ini membutuhkan persiapan yang baik agar setelah berhaji dapat memiliki karakter seperti para nabi sebagai salah satu hikmah haji dan umrah.

  1. Syiar perpaduan umat islam

Tujuan umat manusia pergi ke tanah suci adalah menunaikan perintah Allah SWT. Dalam menjalankannya, orang-orang melakukan perbuatan, pakaian, dan aturan yang sama. Hal ini menggambarkan perpaduan dan kesatuan hati umat Islam. Gambaran inilah yang semestinya diamalkan dalam kehidupan sehari-hari umat Islam saat jamaah haji dan umrah tersebut kembali ke negara asal masing-masing.

Itulah poin- poin mengenai hikmah haji dan umrah yang menyejukkan hati dan jiwa. Tentunya pemilihan travel yang harus memiliki track record yang terpercaya sebelumnya juga sangat penting. Tunggu apa lagi? konsultasi dan daftar haji dan umroh Andalus Travel hajj and Umrah Solusinya… Klik disini

Sumber:
Adira Finance,2022.  “​​8 Hikmah Haji dan Umrah yang Menyejukkan Hati”.https://www.adira.co.id/detail_berita/metalink/8-hikmah-haji-dan-umrah-yang-menyejukkan-hati . diakses 11 Agustus 2022, 10.06.
Afifah, F.R,. 2021. “Hikmah Ibadah Haji yang Menenangkan Hati, Masya Allah!”https://www.orami.co.id/magazine/hikmah-ibadah-haji . diakses 11 Agustus 2022, 10.06.