Waspada Biro Haji dan Umroh Abal-abal, Ini Tips Memilih Agen Travel Umroh Terpercaya - Villa Batu Malang
Hit Enter to search or Esc key to close

Waspada Biro Haji dan Umroh Abal-abal, Ini Tips Memilih Agen Travel Umroh Terpercaya

Waspada Biro Haji dan Umroh Abal-abal, Ini Tips Memilih Agen Travel Umroh Terpercaya

Thumbnail
Photo by Torsten Dettlaff: https://www.pexels.com/photo/orange-and-green-label-airplane-ticket-69866/

Biro perjalanan haji dan umrah adalah suatu badan usaha penyedia layanan yang memberikan pelayanan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia perjalanan ibadah haji dan umrah.

Masyarakat yang akan melaksanakan ibadah umrah dan haji agar hati-hati dalam memilih biro perjalanan haji dan umrah.

Para calon jamaah haji dan umrah harus memilih dan memastikan bahwa biro travel yang dipilih sudah memiliki izin umrah dan haji resmi yaitu SK Dirjen Haji dan Umrah Kementerian Agama RI.

Mengutip dari Tribunnews.com, berikut adalah sejumlah tips dalam memilih agen travel umrah:
  • Pilih travel umrah yang sudah terdaftar di Kemenag

Untuk mengetahui apakah agen umrah tersebut sudah terdaftar di Kemenag atau tidak, calon jamaah bisa mengecek agen travel yang sudah terdaftar di Kementerian Agama, anda juga bisa membuka laman simpu.kemenag.go.id. Kemudian ketikkan nama agen travel umrah pada kolom pencarian Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) bertuliskan ‘kata kunci pencarian’, setelah itu klik ‘Cari PPIU’.

  • Cek lokasi kantor dan rekam jejak dari agen travel umrah tersebut

Calon jamaah harus memastikan dan mensurvei alamat kantor travel dan mencari tahu sudah berapa kali travel umrah tersebut menyelenggarakan perjalanan ibadah umrah.

  • Cek fasilitas yang diberikan dan cara pembayarannya

Pastikan travel umrah terbuka mengenai fasilitas yang diberikan dan fasilitas yang harus dibayar sendiri oleh calon jamaah. Selain itu, calon jamaah harus memastikan bahwa travel umrah memiliki rekening atas nama perusahaan bukan atas nama pribadi. Hindari travel umrah yang menggunakan sistem MLM. Di dalam sistem ini, biasanya calon jamaah diminta untuk membayarkan sejumlah uang untuk bergabung. Setelah bergabung, calon jamaah harus mengajak orang lain untuk bergabung menjadi downline. Hingga downline sudah terkumpul dan telah ditentukan, calon jamaah haji baru bisa berangkat ibadah umrah.

  • Pastikan terdapat pembimbing umrah

Calon jamaah harus memastikan biro travel umrah yang dipilih menyediakan pembimbing umrah selama di Tanah Suci. Keberadaan pembimbing sangatlah penting bagi jamaah khususnya bagi calon jamaah yang baru pertama kali menjalani ibadah umrah.

  • Jangan tergiur dengan harga murah

Calon jamaah harus waspada terhadap biro travel umrah yang menawarkan dengan paket perjalanan umrah dan haji dengan harga murah namun memiliki fasilitas setara kelas satu selama perjalanan.

Untuk anda yang ingin melakukan haji dan umrah Andalus Travel Batu Malang merupakan pilihan yang tepat. Hanya dengan 26 juta rupiah anda sudah bisa berangkat Umrah. Selain mendapatkan paket haji atau umrah yang relatif murah, jamaah juga ditempatkan di hotel setaraf bintang 5 ketika di Makkah dan Madinah.

Sumber:
Listfianti, Widya. 2022. Tips Memilih Agen Travel Umroh Terpercaya, Pilih yang Terdaftar di Kemenag. https://www.tribunnews.com/nasional/2022/05/11/tips-memilih-agen-travel-umroh-terpercaya-pilih-yang-terdaftar-di-kemenag, diakses pada 11 Agustus 2022 pukul 08.52.