Keunikan yang ada di Danau Sentani Papua - Villa Batu Malang
Hit Enter to search or Esc key to close

Keunikan yang ada di Danau Sentani Papua

Keunikan yang ada di Danau Sentani Papua

Thumbnail

Keunikan yang ada di Danau Sentani Papua

By : Sifra Millenia

Danau yang berada di selatan kabupaten Jayapura ini memiliki luas 9.360 hektar dan kedalaman 70 meter di bawah permukaan laut. Wilayah danau yang merupakan satu kesatuan dengan cagar alam Pegunungan Cycloops ini memiliki panorama alam yang indah dan sarat akan nilai budaya. Danau Sentani menjadi salah satu pariwisata unggulan yang dimiliki Papua. Danau dengan pemandangan yang memukau ini melingkupi 24 desa dengan berbagai kesenian serta budaya yang menarik bagi para wisatawan. Nah berikut ini ada beberapa keunikan yang ada di Danau Sentani.

Dihuni oleh 30 Spesies Ikan Air Tawar

Tidak hanya budaya dan keseniannya, Danau Sentani juga terkenal akan kekayaan alamnya yang luar biasa. Berbagai jenis spesies ikan air tawar seperti Ikan Nila, Ikan Lohan, maupun Ikan Tawas, tersebar luas di sekitar perairan Danau Sentani. Bahkan, konon Ikan Hiu Gergaji air tawar yang dikabarkan sudah punah, pernah menjadi hewan khas Danau Sentani. Tidak perlu diragukan lagi karena dengan luas sekitar 9.360 hektar dan berada di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut ini memang memiliki sumber daya alam yang kaya.

22 Pulau yang Tersebar Luas di Sekitar Danau

Danau yang cukup luas ini ternyata memiliki sekitar 22 pulau yang tersebar di sekitar danau. Pulau-pulau kecil ini pun memiliki beragam keindahan yang patut untuk kamu kunjungi ketika berada di danau ini. Bahkan beberapa dari pulau ini pun sering dimanfaatkan sebagai destinasi wisata Jayapura. Salah satu pulau yang ada di kawasan danau ini yang paling terkenal ialah Pulau Asei, pulau yang dipercaya sebagai bagian tubuh naga. Bahkan penduduk lokalnya pun percaya bahwa mereka merupakan keturunan leluhur yang menunggangi naga tersebut.

Festival Danau Sentani

Festival yang diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi dan sajian berbagai kuliner khas Papua. Festival ini pun diikuti oleh seluruh paguyuban di wilayah Kabupaten dan Kota Jayapura. Selain untuk melestarikan budaya, festival ini merupakan bukti pemeliharaan persatuan di tanah Papua. Festival ini juga memadukan suguhan alam dan budaya asli wilayah Tabi, yang didiami oleh 16 suku. Sehingga datanglah pada bulan Juni untuk bisa menikmati festival satu ini.

Itu tadi beberapa keunikan yang disajikan oleh Danau Sentani. Jangan lupa selalu abadikan momen bersama orang-orang terkasih. Jika anda tertarik, anda bisa mengikuti paket wisata Indonesia dari kami yang tentunya dijamin tepat dan juga terpercaya. Selain itu kami juga menyediakan sewa villa di kota Batu.