Kisah Mistis Dibalik Indahnya Taman Nasional Alas Purwo - Villa Batu Malang
Hit Enter to search or Esc key to close

Kisah Mistis Dibalik Indahnya Taman Nasional Alas Purwo

Kisah Mistis Dibalik Indahnya Taman Nasional Alas Purwo

Thumbnail

Kisah Mistis Dibalik Indahnya Taman Nasional Alas Purwo

By : Tegar Aryha Pratama

Setiap tempat di Indonesia memiliki ceritanya masing-masing. Cerita itu bisa berupa sejarah, legenda yang diceritakan turun temurun, atau mitos yang dipercaya masyarakat sekitar. Beberapa tempat wisata di Indonesia memiliki cerita yang unik dan menarik perhatian wisatawan, seperti cerita mistis Taman Nasional Alas Purwo.

Taman Nasional Alas Purwo terletak di kecamatan Tegaldlimo dan kecamatan Purwoharjo, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Alas Purwo terletak di ujung timur pulau Jawa, merupakan kawasan hutan hujan dataran rendah yang memiliki flora dan fauna yang beragam. Objek wisata di Alas Purwo juga beragam dari situs bersejarah, goa, pantai, dan padang savanah. Tetapi dibalik indahnya Alas Purwo, terdapat banyak cerita mistis yang beredar.

Berdasarkan legenda masyarakat tentang awal mula penciptaan pulau Jawa yang dimulai dari hutan ini sehingga diberi nama Alas Purwo yang memiliki arti “Hutan Pertama atau Permulaan” di Pulau Jawa. Menjadi tempat terangker se-pulau Jawa, Alas Purwo sering dijadikan tempat bersemedi, pesugihan, tempat mencari ilmu gaib, juga banyak cerita tentang orang yang hilang di Alas Purwo.

Situs peninggalan Pura Giri Selaka atau Pura Alas Purwo, merupakan situs peribadatan hindu peninggalan kerajaan Majapahit. Pertama kali ditemukan saat mayarakat ingin meratakan area situs ini untuk dijadikan lahan bercocok tanam, tetapi ada bongkahan-bongkahan bata besar yang masih tertumpuk seperti gapura kecil. Lalu masyarakat membawa pulang bata-bata tersebut untuk dijadikan tungku di dapur ada juga yang menjadikannya alas rumah. Ternyata hal tersebut membawa malapetakan untuk masyarakat tersebut kemudian masyarakat yang membawa pulang bata sakit, lalu mereka mengembalikan bata-bata itu ketempat semula karena dipercaya itu merupakan tempat pertapaan maharesi suci Hindu zaman dahulu. Belum ada catatan resmi dalam prasasti, tetapi masyarakat mempercayai yang bertahta di situs Pura Alas Purwo adalah empu Bharadah, yang mampu membelah sungai Brantas. Untuk sampai di situ Pura Giri Selaka dari pintu depan kawasan hutan TN Alas Purwo memerlukan waktu 1 jam, melewati hutan jati yang rimbun. Di sini terkadang tidak ada petunjuk arah. Bagi wisatawan yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, masyarakat menyediakan kendaraan angkutan mirip mobil truk biasa disebut gandrong, untuk sekali angkut biaya sewa sekitar Rp. 3000.

Masih ada cerita mistis objek-objek wisata yang ada di Alas Purwo seperti Goa Istana yang menjadi tempat orang yang ingin mencari ilmu ghaib. Selain objek-objek yang memiliki cerita mistis, di Alas Purwo terdapat pantai-pantai dengan pemandangan yang indah seperti pantai G-land atau Plengkung yang beberapa kali sempat menjadi tempat event selancar internasional, ada juga pantai Trianggulasi dengan pasir putih dan sunset-nya yang indah, serta ada pantai Ngagelan yang merupakan tempat pelepasan anak penyu.

Itulah tentang kisah mistis di Alas Purwo yang menjadi tempat terangker se-pulau Jawa. Jika ingin berlibur di sini perlu menyiapkan budget, tenaga, serta nyali yang cukup. Itu tadi beberapa tips serta informasi bila ingin berkunjung ke Alas Purwo. Jangan lupa selalu abadikan momen bersama orang-orang terkasih. Jika anda tertarik, anda bisa mengikuti paket wisata Indonesia dari kami yang tentunya dijamin tepat dan juga terpercaya. Selain itu kami juga menyediakan sewa villa di kota Batu.