BERWISATA KE SITUS PRASEJARAH DI INDONESIA SEMBARI MENAMBAH WAWASAN - Villa Batu Malang
Hit Enter to search or Esc key to close

BERWISATA KE SITUS PRASEJARAH DI INDONESIA SEMBARI MENAMBAH WAWASAN

BERWISATA KE SITUS PRASEJARAH DI INDONESIA SEMBARI MENAMBAH WAWASAN

Thumbnail

BERWISATA KE SITUS PRASEJARAH DI INDONESIA SEMBARI MENAMBAH WAWASAN

By : Stedi Zilas Alwaysa

Negara Indonesia ini, memiliki banyak sekali tempat maupun benda-benda peninggalan prasejarah yang menjadi saksi peradaban. Anda dapat mengunjungi beberapa situs prasejarah berikut ini sembari menambah ilmu dan pengetahuan.

Situs Prasejarah Museum Sangiran

Ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs penting yang mempelajari fosil manusia sejak tahun 1996. Terletak di antara dua kabupaten yakni Sragen dan Karanganyar, Jawa Tengah. Lebih tepatnya di sebelah utara Kota Solo. Dalam situs ini menyimpan kurang lebih 14.000 fosil. Selain itu terdapat pula artefak dan peraga yang dapat dilihat setiap pengunjung yang datang. Kita dapat menyaksikan film pendek yang ditayangkan di museum ini mengenai proses pembentukan alam semesta, dan juga proses terbentuknya pulau-pulau yang ada di Indonesia. Museum ini sendiri buka mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Situs Prasejarah Museum Patiayam

Museum yang memiliki kesamaan dengan Museum Sangiran ini terletak di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Walau sebagian koleksi fosil yang ada di museum ini telah dipindahkan ke Museum Ronggowarsito Semarang, namun hal ini tidak mengurangi minat wisatawan untuk berkunjung. Museum Patiayam dinilai sebuah museum prasejarah yang lengkap karena koleksi fosil manusia purba, fauna, hewan vertebrata dan invertebrata, serta alat-alat yang terbuat dari batu yang merupakan hasil budaya dari manusia purba. Pada tahun 2005, situs prasejarah ini masuk kedalam Cagar Budaya Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah.

Gunung Padang

Gunung yang juga situs prasejarah yang terletak di Cianjur, Jawa Barat ini dikeramatkan bagi penduduk setempat, mitosnya tempat ini merupakan istana yang dibangun Prabu Siliwangi dalam waktu semalam. Gunung ini terbentuk saat periode megalitikum/zaman batu, karena banyaknya batu andesit yang ditemukan. Para peneliti memperkirakan umur situs ini lebih tua dari Piramida Giza yang ada di Mesir.

Gua Harimau

Dinamakan demikian karena penduduk setempat sering sekali mendengar auman harimau dari dalam gua ini. Situs prasejarah ini berada di Desa Padang Bindu, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Di dalam gua terdapat lukisan cadas yang berada di langit langit gua, pemakaman kuno ras Austronesia, hingga kerangka hewan seperti ikan, kera, harimau, serta gajah yang diyakini sebgai hasil buruan manusia purba.

Hingga saat ini, Gua Harimau masih dijadikan objek penelitiaan para ahli dikarenakan pada tahu 2014 masih ditemukan benda benda prasejarah dari batu obsidian.

Taman Prasejarah Leang-Leang

Berada di Kabupaten Maros, Sulawesi tengah, terdapat situs purbakala Taman Prasejarah Leang-Leang dimana terdapat banyak gua prasejarah peninggalan manusia purba. Pada salah satu gua yang dinamai Pettae Kere, terdapat 27 gambar telapak tangan manusia di dinding gua, juga perkakas manusia purba yang digunakan untuk berburu seperti bilah pisau dan juga mata panah.

Bukan hanya sekedar berwisata, sepulang dari tempat-tempat tadi anda akan memiliki pengetahuan lebih mengenai peninggalan-peninggalan prasejarah yang ada. Sebagai generasi muda, kita hendaknya ikut berperan serta dalam pelestarian peninggalan sejarah.

Itu tadi beberapa rekomendasi wisata bersejarah yang ada di Indonesia yang wajib banget untuk dikunjungi . Jangan lupa selalu abadikan momen bersama orang-orang terkasih. Jika anda tertarik, anda bisa mengikuti paket wisata Indonesia dari kami yang tentunya dijamin tepat dan juga terpercaya. Selain itu kami juga menyediakan sewa villa di kota Batu.