Kue Kipo, Camilan Khas Yogyakarta yang Legendaris
Hit Enter to search or Esc key to close
Kue Kipo

FAKTA MENARIK KUE KIPO, CAMILAN KHAS YOGYAKARTA YANG LEGENDARIS

FAKTA MENARIK KUE KIPO, CAMILAN KHAS YOGYAKARTA YANG LEGENDARIS

Kue Kipo

FAKTA MENARIK KUE KIPO, CAMILAN KHAS YOGYAKARTA YANG LEGENDARIS

By : Stedi Zilas Alwaysa

Bagi anda yang sudah pernah berkunjung ke Yogyakarta, sudahkah anda mencicipi kue kipo? Camilan dengan bentuk lonjong dan berwarna hijau ini dapat ditemukan di Kota Gede, Yogyakarta. Makanan legendaris yang satu ini ternyata hampir punah, namun kembali dilestarikan oleh warga Yogyakarta dan kini telah menjadi bucket list kuliner bagi wisatawan yang berkunjung. Berikut fakta-fakta menarik dari kue kipo.

Sudah ada sejak zaman kerajaan

Ternyata kue yang satu ini telah ada sejak zaman Kerajaan Mataram berkuasa. Meski sempat hilang, kue ini lalu dilestarikan kembali oleh Mbah Mangun dan kini usahanya diturunkan turun temurun. Kue kipo saat ini telah menjadi kuliner legendaris yang wajib anda coba saat berkunjung ke Yogyakarta. Meski tidak mudah untuk menemukan kuliner yang satu ini.

Filosofi dalam penamaan

Dulunya kue kipo hanyalah makanan rakyat biasa atau kelas bawah, yang kemudian dihidangka kepada kaum bangsawan. Seketika mereka bertanya “iki opo?” yang artinya “ini apa?”. Maka dari itu kue khas yang satu ini dinamakan kipo yang diambil dari kata “iki” dan “opo”.

Pembuatannya menggunakan gerabah

Kue kipo dibuat dengan campuran tepug beras, tepung ketan, santan, dan daun pandan. Kemudian diaduk hingga tercampur merata lalu dipanggang diatas gerabah khas Yogyakarta. Saat proses pemanggangan, kue ini diberi alas daun pisang agar membuat aromanya semakin harum. Terdapat lelehan gula merah dan parutan kelapa di dalam kue ini yang jika digigit akan lumer dimulut.

Menjadi buruan kuliner wisatawan maupun warga lokal

Kue kipo hanya dapat ditemui di wilayah Kota Gede, Yogyakarta saja. Banyak wisatawan yang berkunjug ke Kota Gede hanya untuk menyantap kuliner ini. Rasa dari kue ini mirip dengan klepo, karena warnanya hijau dan memiliki isian yang sama. Harga dari kue ini sangatlah murah, Rp. 2.000 per biji.

Itu tadi fakta menarik Kue Kipo. Jangan lupa selalu abadikan momen bersama orang-orang terkasih. Jika anda tertarik, anda bisa mengikuti paket wisata Indonesia dari kami yang tentunya dijamin tepat dan juga terpercaya. Selain itu kami juga menyediakan sewa villa di kota Batu.

Write a Review

Your email address will not be published.

Rating*