LONTONG KHAS JAWA TIMUR DIJAMIN MENGGOYANG LIDAH
Hit Enter to search or Esc key to close
lontong khas jawa

LONTONG KHAS JAWA TIMUR DIJAMIN MENGGOYANG LIDAH

LONTONG KHAS JAWA TIMUR DIJAMIN MENGGOYANG LIDAH

lontong khas jawa

JAJANAN KULINER LONTONG KHAS JAWA TIMUR DIJAMIN MENGGOYANG LIDAH

By : Stedi Zilas Alwaysa

Provinsi Jawa Timur terkenal akan jajanan kuliner yang beragam, baik makanan ringan hingga makanan berat semuanya ada. Diantara banyaknya kuliner, yang dapat anda cicipi yaitu lontong khas jawa. Lantas apa sajakah hidangan serba lontong yang menarik untuk anda jajal? Berikut pembahasannya.

Lontong Kikil

Untuk anda penggemar kikil, wajib mencoba kuliner yang satu ini. Terbuat dari kikil sapi dengan bumbu yang kaya rempah hingga menjadikannya empuk dan kaya rasa. Dihidangkan dengan potongan lontong, dengan ciri khas kuahnya yang berwarna kuning menjadikan hidangan ini terasa nikmat. Lontong kikil cocok sekali dijadikan sebagai menu sarapan pagi untuk memulai aktivitas.

Rujak Cingur

Walau dinamakan rujak, namun kuliner ini tidak terbuat dari buah-buahan, melainkan berisi potongan lontong, kangkung rebus, cingur atau lidah sapi, taoge rebus, irisan timun, tempe goreng kemudian disiram dengan saus kacang dan ditambah dengan kerupuk. Sekilas kulier ini mirip seperti gado-gado.

Lontong Balap

Konon hidangan ini diberi nama lontong balap karena dijajakan dengan cara dipikul kemudian si penjual berjalan cepet seolah-olah sedang balapan. Seporsi lontong balap, berisi potongan lontong, lentho, tahu, taoge, kuah, sambal petis lengkap dengan sate kerang dan taburan bawang goreng.

Lontong Mie

Sekilas mirip dengan lontong balap, namun lontong mie disajikan dengan kaldu udang sehingga rasanya pun lebih gurih. Selain itu, kuliner ini dilengkapi dengan mie kuning, lentho, sambal petis dan juga taburan bawang goreng. Untuk anda pengemar sajian mie tetapi dengan sensasi yang lain, cobalah hidangan yang satu ini.

lontong khas jawa

Tahu Tek

Sajian tahu tek kali ini dihidangkan dengan potongan lontong, tahu goreng, taoge, irisan mentimun, kemudian disiram dengan sambal kacang yang gurih. Meski tanpa diguyur dengan kuah, nyatanya kulier ini mampu membuat lidah siapa saja yang menyantap ketagihan. Banyak dijajakan pada malam hari, tahu tek menjadi salah satu menu wajib yang harus anda coba kala wisata kulier malam di Surabaya.

lontong khas jawa

Lontong Lodeh

Kulier selanjutnya ialah lotong lodeh, merupaka sajian kuliner berupa potongan lontong dipadu dengan sayur dan kuah kuning bercita rasa gurih. Biasanya ditambah lauk pelengkap sesuai selera yang dapat anda pilih sendiri. Lontong lodeh dapat mudah andaa temui saat berada di sekitar Pasar Atom Surabaya.

lontong khas jawa

Lontong Kupang

Berasal dari Sidoarjo disajikan berupa potongan lontong bersama sayur kerang, sate kerang, dan lentho. Meski lauk hidangan ini didominasi kerang, namu cita rasa yang ditawarkan berasa autentik di lidah. Tak heran jika kuliner ini menjadi buruan kalangan warga lokal maupun dari luar Jawa Timur.

lontong khas jawa

Itu tadi 7 kuliner lontong khas dari Jawa Timur yang menggoyang lidah. Jangan lupa selalu abadikan momen bersama orang-orang terkasih. Jika anda tertarik, anda bisa mengikuti paket wisata Indonesia dari kami yang tentunya dijamin tepat dan juga terpercaya. Selain itu kami juga menyediakan sewa villa di kota Batu.