Perlengkapan Untuk Wanita yang Dibawa Ketika Umroh - Villa Batu Malang
Hit Enter to search or Esc key to close

Perlengkapan Untuk Wanita yang Dibawa Ketika Umroh

Perlengkapan Untuk Wanita yang Dibawa Ketika Umroh

Thumbnail ,
asian-muslim-woman-with-white-dress_9075346 by Freepik

Perlengkapan yang harus dipersiapkan ketika umroh, mulai dari pakaian hingga kacamata. Perjalanan umroh biasanya dilakukan 9 hari bahkan bisa 12 hari. Untuk wanita, banyak perlengkapan yang harus dibawa saat umroh. Barang-barang untuk ibadah hingga barang pribadi harus dipersiapkan secara baik, sehingga ibadah dapat berjala dengan baik tanpa bingung mencari barang yang diperlukan. Berikut merupakan barang-barang yang perlu dibawa saat umroh oleh wanita:

  1. Mukena

Disana umumnya jamaah umroh dari Indonesia hanya memakai atasan mukena saja saat sholat. Bawahan bisa menggunakan rok biasa dan kaos kaki. Jika membawa bawahan mukena, dapat membawa satu saja. Gunakan yang bisa membuat nyaman selama itu dapat menutup aurat dengan benar.

  1. Baju bepergian

Membawa baju bepergian secukupnya, perkirakan saja dengan jadwal anda. 

  1. Baju tidur 3 pcs 

Bawalah baju tidur yang panjang atau biasa disebut daster, jadi saat akan sholat tahajud atau sholat shubuh ke masjid, anda tidak perlu berganti pakaian, cukup menggunakan mukena saja. 

  1. Baju putih untuk ihram

Membawa baju putih untuk ihram satu saja cukup. Ketika melaksanakan umroh ke 2 di hati berikutnya baju ihram yang sudah dipakai bisa digunakan kembali, karena di Makkah udara sangat kering, jadi hampir tidak berkeringat dan berbau. 

  1. Pakaian dalam 7 set

Membawa pakaian dalam secukupnya saja supaya tidak memberatkan. 

  1. Kaus kaki

Kaus kaki menjadi barang yang wajib digunakan saat ke Masjid ketika kita tidak memakai bawahan mukena dan berguna saat malam hari ke masjid, karena udara malam disana cukup dingin. 

  1. Jaket

Membawa jaket untuk persiapan udara dingin. 

  1. Alat Make Up

Membawa skincare dan make up yang biasa anda gunakan, karena disana suhu udaranya sangat kering, krim pelembab dan handbody sangat penting. Anda juga bisa membawa botol spray yang diisi air untuk sekedar membasahi muka, bahkan untuk wudhu jika terpaksa batal. 

  1. Alat mandi

Beberapa alat mandi yang perlu dibawa diantaranya adalah sabun, shampoo, odol, sikat gigi aja cukup, karena handuk biasanya sudah disediakan dari pihak hotel tempat menginap. 

  1. Obat-obatan

Bawalah obat-obatan yang biasa digunakan dan yang sering anda perlukan di antaranya vitamin, obat penunda haid (bagi yang menggunakan), obat pusing, obat flu dan batuk, obat antimual, obat maagh, obat diare, dan obat lainnya.

  1. Pantyliner dan pembalut

Untuk mensiasati bawaan pakaian dalam yang sedikit dan agar mudah bebas dari najis, sebaiknya pakai pantyliner serta untuk yang khawatir mengalami haid bisa membawa pembalut. 

  1. Sandal beserta tas pembungkusnya

Di masjidil Haram sebenarnya sudah tersedia plastik yang digunakan untuk membungkus sandal, tetapi terkadang persediaan habis karena banyaknya jamaah.

  1. Al quran kecil dan sajadah kecil

Barang-barang tersebut sangat berguna saat anda tidak mendapatkan tempat sholat di dalam masjid dan hanya bisa di pelatarannya saja.

  1. Kacamata dan masker wajah

Kacamata sudah pasti digunakan ketika berada di luar untuk melindungi dari cahaya matahari, terlebih lagi saat acara ziarah kota yang biasanya mulai pagi hingga siang hari. Masker juga diperlukan untuk menghindari terik matahari dan debu. 

Sumber:Novianingsih, Yurika Nendri. 2019. Perlengkapan Umroh untuk Wanita, Bawa Pakaian Ihram, Kacamata, hingga Masker Wajah. https://www.tribunnews.com/travel/2019/12/06/perlengkapan-umroh-untuk-wanita-bawa-pakaian-ihram-kacamata-hingga-masker-wajah?page=4, diakses pada 16 Agustus 2022 pukul 10.38.