Rukun Umrah - Villa Batu Malang
Hit Enter to search or Esc key to close

Rukun Umrah

Rukun Umrah

Thumbnail

Banyak umat islam bermimpi untuk dapat menunaikan ibadah umrah. sebelum umrah harus pahami rukun umrah terlebih dahulu. Rukun umrah adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan dalam ibadah umrah. dalam rukun umrah, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan agar ibadah umrah menjadi sempurna dan sah. 

Rukun umrah yang pertama adalah ihram. Semua kegiatan pasti diawali dengan niat, termasuk ibadah umroh. Dalam ibadah umroh, niat ini diberi istilah ihram. Orang yang akan melakukan ibadah umroh menggunakan pakaian ihram (tanpa jahitan) dan melafazkan niat dari Miqat (titik awal memulai ibadah umroh).

Yang kedua adalah Tawaf. Tawaf yakni mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Titik awal Thawaf ini dimulai dari Hajar Aswad dan dianjurkan untuk mengusap Hajar Aswad ketika melewatinya. Bila tidak memungkinkan untuk mengusap Hajar Aswad, jama’ah diperbolehkan dengan hanya memberi isyarat berupa lambaian tangan ke arah Hajar Aswad.  Ketika melakukan Thawaf kita diperbolehkan pula untuk berdzikir maupun melafadzkan doa atau harapan yang dimiliki.

Rukun yang ketiga adalah Sa’i, Sa’i adalah berlari-lari kecil dari bukit Shafa ke bukit Marwah yang dilakukan sebanyak tujuh kali. Tidak ada doa yang wajib dibacakan, sehingga dalam melakukan Sa’i kamu diperbolehkan untuk memanjatkan doa yang diinginkan. Rangkaian ibadah Sa’i ini berasal dari kisah Siti Hajar ketika mencarikan minum bagi Ismail saat masih kecil. Istri nabi Ibrahim itu berlari bolak-balik mencari air dari sumber mata air yang kini dikenal dengan mata air zam-zam.

Rukun umroh yang berikutnya adalah Tahallul. Tahallul memiliki arti melepaskan diri dari larangan ihram seperti mencukur rambut  atau menggunting rambut paling sedikit tiga helai rambut.  Tahallul ini dilakukan di luar Masjidil Haram dekat Bukit Marwah. Setelah melakukan Tahallul, jama’ah bebas dari larangan ketika menunaikan ibadah umroh.

Rukun umrah yang terakhir adalah tertib. Dalam hal ini tertib diartikan dengan melakukan ibadah haji secara berurutan dan tidak boleh melewatkan atau melompati rangkaian ibadah umrah.

nah itu tadi penjelasan mengenai rukun umroh. Sebelum menunaikan ibadah umroh ada baiknya untuk memahami lebih banyak tentang ibadah ini agar ibadah umroh yang dilakukan dapat diterima.  Sebab, bila salah satu rukun umroh ditinggal kan secara sengaja atau tidak sengaja akan membuat ibadah umroh tidak sah.
Sumber : Khainnayya. R.P., 2022. “Berikut 5 Rukun Umroh yang Wajib Dilakukan agar Ibadah Sempurna!” https://www.tokopedia.com/blog/rukun-umroh/ . diakses 11 agustus 2022. 14.29