Surganya Jawa Tengah Ada Di Karimun Jawa!!!!! - Villa Batu Malang
Hit Enter to search or Esc key to close

Surganya Jawa Tengah Ada Di Karimun Jawa!!!!!

Surganya Jawa Tengah Ada Di Karimun Jawa!!!!!

Thumbnail

Surganya Jawa Tengah Ada Di Karimunjawa!!!!!

By : Allis Restanura

The Paradise of Java, itulah salah satu julukan yang disematkan pada KarimunJawa. Gugusan pulau di utara Pulau Jawa ini banyak menyedot perhatian para pelancong karena tempatnya yang menawarkan keindahan alam, mulai dari wisata pantai, bawah laut, hutan bakau hingga potensi budayanya. Jadi jangan heran jika Karimunjawa menjadi salah satu destinasi wisata yang populer.

Letak Dan lokasi Pulau karimun jawa

Adapun bagian dari Pulau KarimunJawa terdiri dari beberapa pulau atau dataran lainnya. Diantaranya : Pulau KarimunJawa yang sebesar 4.302 Hektar, Pulau Menjangan besar, Pulau Menjangan kecil, Pulau genting, Pulau menyawakan, Pulau geleang, Pulau seruni, Pulau sambangan, Pulau cemara besar, Pulau cemara kecil, Pulau burung dan terakhir Pulau batu.

Description: keindahan pulau karimunjawa jepara6

Perayaan dan acara tradisi di pulau karimunjawa

Ada dua perayaan besar yang biasa dilakukan di Pulau karimunjawa, diantaranya adalah :

Festival Barikan Kubro

Bagi masyarakat festival barikan termasuk festival yang sakral dan penting untuk dilakukan, bahkan dilakukan secara turun temurun. Acara ini merupakan wujud syukur atas hasil laut dan bumi yang sudah diberikan untuk masyarakat yang tinggal di Karimunjawa. Selain itu festival ini juga selalu dirayakan oleh masyarakat Jepara setiap tahunnya. Tidak hanya hasil dari bumi seperti buah, sayur dan padi melainkan hasil laut yang bisa didapatkan akan langsung digantungkan dan diarak bersamaan dengan tumpeng.

Description: Barikan kubro 2019 Karimunjawa dan Aneka Persiapannya

Karimunjava sail

Acara kedua yakni acara tahunan Kabupaten Jepara untuk meningkatkan hasil kerja sama baik dari kementrian kelautan dan masyarakat, dengan acara menampilkan budaya dan kesenian khas karimun jawa. Hasil laut akan diarak dan ditampilkan, setelah itu dipilih oleh kementrian sebagai bahan yang bisa dijual dan menjadi tumpuan untuk menaikan ekonomi dan potensi wisata di Karimunjawa.

Description: Perahu Hias Karimunjawa | LihatFoto

Destinasi Wisata Karimun Jawa

Pantai Tanjung Gelam

Description: wisata karimunjawa

instagram.com/tourtopia.id/

Wisata Karimunjawa yang pertama adalah Pantai Tanjung Gelam. Tempat ini adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Karimunjawa. Pantai ini memiliki ribuan panorama yang bisa Anda nikmati. Anda bisa menikmati suasana pantai dengan angin laut yang sejuk.

Pantai Batu Topeng

Description: wisata karimunjawa

instagram.com/mazayagalva/

Wisata Karimunjawa yang kedua adalah Pantai Batu Topeng. Ini adalah salah satu pantai pasir putih yang indah yang dijadikan sebagai daya tarik wisata, baik wisata darat maupun laut. Karena pantai ini bisa diakses baik melalui jalur laut maupun darat. Jika anda ingin mengunjungi Pantai Batu Topeng dengan akses darat, maka anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari alun-alun Karimunjawa.

Pulau Menjangan Besar

Description: wisata karimunjawa

instagram.com/indonesia_travelmate/

Wisata Karimunjawa yang ketiga adalah Pulau Menjangan Besar. Pulau Menjangan Besar merupakan pulau terbesar kedua setelah Pulau Karimunjawa. Pulau ini juga merupakan pulau terdekat dari pelabuhan dan dermaga Karimunjawa.

Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil menawarkan pemandangan bawah laut yang menakjubkan, di mana keindahan terumbu karangnya yang luar biasa dilengkapi dengan kehidupan ikan-ikan kecil yang akan menyambut para wisatawan sembari berenang di sana. Selain berenang dan menyelam, aktivitas wisata lain yang bisa dilakukan di Pulau Menjangan Kecil adalah snorkeling. Oleh karena itu, pulau ini juga disebut sebagai ‘Surga’ untuk kegiatan snorkeling dan diving.

Island Hopping

Kegiatan Island Hopping sebenarnya adalah kegiatan utama di sini. Kapten kapal akan membawa Anda ke banyak tempat atau pulau eksotis di Karimunjawa. Banyak pulau yang bisa Anda kunjungi, seperti Pulau Menjangan Besar, pulau tempat penangkaran hiu. Juga Pulau Menjangan Kecil yang sangat cocok untuk melakukan snorkeling.

Pulau Gosong Tengah

Wisata Karimunjawa berikutnya adalah Pulau Gosong Tengah. Di Karimunjawa juga terdapat tempat wisata unik yang dinamai Pulau Gosong Tengah. Pulau ini adalah endapan pasir yang berada di tengah lautan. Penduduk lokal menyebutnya dengan gosongan. Lalu apa yang membuatnya unik?

Selain disebut sebagai Pulau Gosongan, pulau ini juga disebut dengan Pulau Timbul Tenggelam. Ini karena pulau ini hanya dapat ditemui di permukaan pada sekitar pukul 9 pagi hingga 5 sore, dan selebihnya pulau ini akan tertutup air laut atau tenggelam.

Hutan Mangrove

Description: wisata karimunjawa

instagram.com/dewi_rumiris/

Wisata Karimunjawa yang terakhir adalah kawasan hutan mangrove. Karimunjawa memang identik dengan wisata pulau dan pantai. Namun, jika Anda sudah bosan dengan pemandangan pasir pantai dan lautan, Anda bisa menyegarkan mata Anda dengan berkunjung ke lingkungan yang baru, yaitu Hutan Mangrove.

Itu tadi beberapa surga dari Jawa Tengah yang terletak di Karimunjawa. Jangan lupa selalu abadikan momen bersama orang-orang terkasih. Jika anda tertarik, anda bisa mengikuti paket wisata Indonesia dari kami yang tentunya dijamin tepat dan juga terpercaya. Selain itu kami juga menyediakan sewa villa di kota Batu.