Tarian Tradisional Indonesia yang Mendunia - Villa Batu Malang
Hit Enter to search or Esc key to close
tarian tradisional indonesia

Tarian Tradisional Indonesia yang Mendunia

Tarian Tradisional Indonesia yang Mendunia

tarian tradisional indonesia

Tarian Tradisional Indonesia yang Mendunia

By : Sifra Millenia

Indonesia adalah negara dengan kekayaan akan seni dan budayanya. Hal ini dikarenakan banyaknya suku dan ras di Indonesia. Hampir 1500 suku tinggal di negeri dengan populasi terbesar ke-4 di dunia ini. Dari banyaknya seni tari di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dengan berbagai keunikan dan keragaman jenis gerakan tari dan pakaian yang mewakili daerahnya masing-masing. Tari-tari ini menjadi tarian Indonesia yang terkenal di dunia.

Tari Saman, Aceh

Tari Saman termasuk dalam kategori seni tari yang sangat menarik. Keunikan tari saman terletak pada kekompakan gerakannya yang sangat menakjubkan. Para penari Saman dapat bergerak serentak mengikuti irama musik yang harmonis. Tari Saman dapat digolongkan dalam kategori tari pertunjukan karena penampilan tari tidak terikat dengan waktu, peristiwa, atau acara tertentu. Tari Saman dapat ditampilkan pada setiap kesempatan. Tari saman termasuk salah satu tarian dengan gerakan unik. Dalam tari saman biasanya temponya makin lama makin cepat, supaya tarian menjadi lebih menarik. Para Penari yang menarikan tari Saman membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

Tari Kecak, Bali

Tari kecak umumnya mengekspresikan instrumen vokal pada penari nya dengan bunyi cak cak cak sambil mengangkat kedua tangan untuk mengiringi cerita epic Ramayana yang menjadi cerita utama dalam tarian Kecak ini. Penggalan epic Ramayana yang menjadi sumber cerita adalah kisah penculikan dewi Shinta oleh raja Rahwana dari negeri Alengka. Dalam tarian ini digambarkan bagaimana sang Rama berjuang membebaskan istrinya itu, yaitu dewi Shinta yang diculik oleh Rahwana. Keunikan dari tari Kecak ini adalah tarian yang tidak mengandalkan instrumen alat musik untuk mengiringi tarian, melainkan paduan suara para penarinya. Irama bunyi cak cak cak ditata sedemikian rupa sehingga menghasilkan paduan suara yang indah dan khas

Tari Piring, Sumatera Barat

Tarian ini sangat unik karena para penarinya membawakan tarian dengan menggunakan piring-piring kecil di kedua tangannya. Piring ini di gerak-gerakkan mengikuti gerakan sang penari. Para penari harus hati-hati, karena jika, piring bisa jatuh dari genggaman telapak tangannya. Bagi orang Sumatera Barat tarian ini dilakukan sebagai persembahan ucapan rasa syukur kepada Tuhan.

Tari Reog Ponorogo

Berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Yang membuat kesenian ini unik adalah kostum yang dipakai oleh penari reog ini berbentuk kepala makhluk menyeramkan seperti binatang buas yang sangat lebar. Di sekeliling kepala tersebut dipenuhi bulu-bulu burung merak yang cantik. Kesenian ini sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik. Meskipun bagi sebagian orang kesenian ini menyeramkan, reog tetap menarik wisatawan asing untuk datang dan menonton. Konon katanya, berat kepala reog ini bisa mencapai puluhan kilo.

tarian tradisional indonesia

Tari Jaipong

Tari Jaipong adalah salah satu tari rakyat yang sangat menghibur karena tarian ini memang diciptakan sebagai sarana untuk bergaul di masyarakat Sunda. Dalam tarian ini, tidak hanya memperlihatkan keindahan, melainkan mengandung unsur humor yang ceria dan bersemangat. Tarian ini sangat energik dan dinamis. Tidak ada aturan tertentu dalam gerakan jaipongan karena jaipongan merupakan tari kontemporer yang bersifat dinamis, begitu pula dari segi musik dan kostumnya, semuanya bisa mengikuti perkembangan zaman.

tarian tradisional indonesia

Itu tadi 5 tarian tradisional Indonesia yang sangat mendunia. Jangan lupa selalu abadikan momen bersama orang-orang terkasih. Jika anda tertarik, anda bisa mengikuti paket wisata Indonesia dari kami yang tentunya dijamin tepat dan juga terpercaya. Selain itu kami juga menyediakan sewa villa di kota Batu.