10 REKOMENDASI MAKANAN KHAS LOMBOK LEGENDARIS WAJIB DICOBA - Villa Batu Malang
Hit Enter to search or Esc key to close

10 REKOMENDASI MAKANAN KHAS LOMBOK LEGENDARIS WAJIB DICOBA

10 REKOMENDASI MAKANAN KHAS LOMBOK LEGENDARIS WAJIB DICOBA

Thumbnail

10 REKOMENDASI MAKANAN KHAS LOMBOK LEGENDARIS WAJIB DICOBA

BY : Jannet Hillary

Tak kalah dari Bali, Lombok kini juga menjadi salah satu tempat berlibur bagi para wisatawan. Pantai dan panorama alamnya tak kalah indahnya dibanding Pulau Dewata. Bagi kamu yang suka berburu kuliner, Lombok memiliki sederet makanan khas Lombok yang siap mengguncang lidah .

Kuliner Lombok mempunyai karakteristik mirip dengan Bali. Kebanyakan masakannya diwarnai bumbu rempah dengan rasa yang kuat. Kebanyakan juga menggunakan bahan dasar dari hasil laut seperti ikan dan lainnya. Berikut 10 rekomendasi makanan khas Lombok yang dapat menjadi pilihan kamu.

 NASI BALAP PUYUNG

Apabila kamu pernah berkunjung ke Medan, kamu akan menemukan makanan khas Medan yang bernama mie balap. Ternyata, selain di Medan, makanan yang menyematkan istilah balap ke dalamnya juga bisa ditemukan di Lombok. Nasi balap merupakan makanan berat yang menunjukkan ciri khas masakan Lombok yang terletak pada cita rasanya yang pedas. Apabila kamu belum pernah mencoba makanan ini, nasi balap adalah hidangan nasi putih pada umumnya yang disajikan bersama suwiran ayam berbumbu pedas, kering kentang, kacang kedelai goreng, dan telur. Rasa pedas yang dihasilkan berasal dari ayamnya. Sedangkan kehadiran kentang kering menciptakan cita rasa gurih dan renyah.

AYAM TALIWANG

Ayam taliwang memang menjadi salah satu dari sekian banyak makanan khas Lombok yang paling terkenal di Indonesia. Di Lombok, hampir seluruh restoran atau rumah makan yang berdiri menyajikan menu ini. Ayam taliwang mempunyai banyak jenis, ada ayam taliwang pedas manis, sambal lima, pelecingan, bakar kecap, bakar madu, goreng asam, dan goreng biasa. Penyajian ayam taliwang biasa dilakukan ditemani nasi dan sahabat terbaiknya yakni pelecing kangkung yang dikombinasikan dengan tauge, kacang tanah, parutan kelapa, dan sambal.

SATE BULAYAK

Menu sate asal Lombok yang tak kalah enak dari sate pencok adalah sate bulayak. Jika kamu masih asing dengan makanan khas pulau Lombok ini, mari sejenak berkenalan dengannya. Sate bulayak adalah hidangan sate yang menggunakan daging ayam, jeroan, dan daging sapi sebagai bahan utama yang ditusuk hingga berbentuk sate. Bulayak sendiri merujuk pada lontong yang dililit dengan daun aren atau enau. Ukuran bulayak lebih kecil dari lontong pada umumnya. Bulayak mempunyai tekstur yang lembut dengan cita rasa yang gurih. Biasanya bulayak dimakan langsung bersama sate yang sudah dibumbu dengan bumbu kacang yang berasal dari kacang tanah yang disangrai, ditumbuk, kemudian direbus bersama santan serta bumbu rempah lain sehingga menciptakan rasa yang pedas.

SATE IKAN TANJUNG

Di Lombok Utara terdapat satu kecamatan sekaligus ibu kota kabupaten Lombok Utara bernama Tanjung. Sate tanjung adalah sate yang sudah ada sejak tahun 1977 silam. Penggagas sate tanjung pertama kali adalah ibu Salimah yang menjajakan dagangan satenya di jalan utama Tanjung Lombok Utara. Sate yang berbahan dasar ikan cakalang atau ikan langon berbalut bumbu rempah khas lombok utara ini, dapat ditemui disetiap sudut jalan di Kecamatan Tanjung pada khususnya, dan di Kabupaten Lombok Utara pada umumnya. Dibakar menggunakan arang dan teknik tradisional, membuat sate ikan tanjung memiliki aroma yang khas dan tentunya cita rasa yang otentik.

SATE REMBIGA

Sate rembiga sendiri menjadi kuliner yang mengenalkan kepada semua orang kalau Mataram adalah salah satu daerah yang terkenal akan ternak sapinya yang banyak. Daging yang dipilih untuk sate rembiga adalah daging sapi yang sebelum ditusuk dan dipanggang harus ditumbuk terlebih dahulu agar empuk. Setelah empuk, daging harus direndam ke dalam bumbu-bumbu khusus selama dua jam beru kemudian dibakar. Sate rembiga yang siap santap biasanya disajikan bersama bulayak.

KUE KECIPUT

Salah satu kue khas Lombok yang cukup digemari oleh masyarakatnya adalah kue keciput. Kue keciput adalah kue kering yang biasanya banyak disajikan pada saat lebaran. Secara tampilan fisik kue tradisional dari Lombok ini mirip seperti onde-onde dengan ukuran yang lebih mungul. Pada bagian luar onde juga diberi taburan wijen sebagai hiasan. Jika onde-onde berisikan kacang hijau, kue keciput tidak mempunyai isian alias plis. Keciput dibuat dari bahan dasar beras ketan. Di Lombok terdapat dua jenis keciput yakni keciput biasa dan keciput hitam. Keciput yang hitam dibuat dengan beras ketan hitam, sedangkan yang keciput biasa dari beras ketan putih.

POTENG JAJE TUJAK

Poteng jaje tujak adalah makanan ringan yang terbuat dari campuran dua bahan utama. Selain tape, ada juga bahan lain berupa ketan putih yang setelah jadi akan tampak lebih mencolok daripada tapenya. Jika dalam “keadaan kotor” memaksa membuatnya maka poteng jaje tujak dianggap rusak. Bahkan pada proses pembuatan poteng, tepatnya ketika menaburkan bubuk tape ketan, lebih afdol jika dilakukan setelah selesai sholat sehingga masih dalam keadaan bersih dari hadas (berwudhu). Poteng jaje tujak jika diubah ke dalam bahasa Indonesia berarti tape jajan tumbuk. Makanan khas Lombok ini merupakan hidangan berbahan utama tape yang biasa dijadikan santapan lebaran.

BEBALUNG SAPI

Bebalung oleh masyarakat Lombok dianggap sebagai makanan penambah tenaga dan penumbuh vitalitas. Penggunaan makna tersebut merupakan arti dari istilah bebalung yang dalam bahasa Sasak berarti tenaga. Makanan khas Lombok ini secara tampilan mirip dengan gulau atau soto daging. Bebalung biasanya terbuat dari tulang iga sapi sehingga dinamakan bebalung sapi. Selain pakai iga sapi, bebalung juga bisa menggunakan iga kerbau yang kemudian diracik bersama bumbu halus berupa cabai rawit, lengkuas, kunyit, jahe, bawang merah, dan bawang putih. Oleh masyarakat Sasak, bumbu semacam itu disebut sebagai ragi rajang. Setelah bumbu menyatu dalam tulang iga, bebalung sapi sudah bisa disantap.

SAYUR ARES

Makanan khas Lombok berbentuk sayuran yang bisa menandingi kelezatan makanan lain berbahan dasar non-sayur lain adalah sayur ares. Sayur ares adalah sayuran khas Lombok yang menggunakan bahan dasar bernama ares. Ares sendiri merujuk pada pelepah pisang atau gedebok pisang yang masih muda. Ares yang sudah dipilih kemudian diolah bersama kuah yang terbuat dari santan. Sayur ares mempunyai cita rasa yang gurih dari hasil penggunaan santan yang berpadu dengan bumbu rempah menyerupai kari seperti ketumbar, bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, kunyit, lengkuas, dan jintan. Untuk memperkaya sajian, biasanya masyarakat Lombok menambahkan daging ke dalamnya.

PLECING KANGKUNG

Plecing kangkung sering kali ditemukan di dua daerah yang saling berdekatan yaitu Lombok dan Bali. Pada umumnya plecing kangkung adalah sajian dari kangkung yang direbus. Di bagian atasnya disiram bumbu pedas dari sambal dan bahan lainnya yang sudah diulek. Dari segi bumbu, plecing Lombok menggunakan terasi khas Lombok. Terasi Lombok rasanya lebih gurih dan baunya lebih sedap. Penambahan parutan kelapa juga menjadi ciri utama plecing kangkong lombok. Perutan kelapa diolah hingga memiliki rasa gurih dan pedas. Plecing kangkong Lombok juga diberi kacang goreng sehingga menambah cita rasa dan tekturnya.

Itu tadi 10 rekomendasi kuliner legendaris dari Lombok yang wajib dan harus dicoba . Jangan lupa selalu abadikan momen bersama orang-orang terkasih. Jika anda tertarik, anda bisa mengikuti paket wisata Indonesia dari kami yang tentunya dijamin tepat dan juga terpercaya. Selain itu kami juga menyediakan sewa villa di kota Batu.