10 REKOMENDASI MAKANAN KHAS MALANG LEZAT WAJIB DICOBA - Villa Batu Malang
Hit Enter to search or Esc key to close

10 REKOMENDASI MAKANAN KHAS MALANG LEZAT WAJIB DICOBA

10 REKOMENDASI MAKANAN KHAS MALANG LEZAT WAJIB DICOBA

Thumbnail

10 REKOMENDASI MAKANAN KHAS MALANG LEZAT  WAJIB DICOBA

By : Jannet Hillary

Kota Malang yang terkenal dengan kesejukan dan keindahan alamnya, selain itu kulinernya juga enak. Buat kamu, para pecinta kuliner, jangan sampai telewatkan makanan khas Malang. Kota ini menyuguhkan banyak kuliner khas yang waajib dicoba. Berikut adalah beberapa makanan khas Malang yang lezat dan wajib dicoba saat kamu berkunjung ke kota berhawa dingin ini.

 BAKSO MALANG

Bakso merupakan salah satu kuliner khas Malang yang paling dikenal dan digemari. Belum lengkap rasanya jika ke Malang tanpa mencicipi Bakso Malang. Makanan khas Malang ini berisi bakso, mie kuning, pangsit goreng, siomay, dan tahu yang disiram dengan kuah kaldu sapi. Kedai bakso Malang sangat mudah dijumpai di kota ini. Bakso dapat dengan mudah ditemui di kota Malang. Mulai dari gerobak kaki lima sampai restoran. Variasi bakso yang disediakan pun semakin beragam.

BAKSO BAKAR

Bakso yang kaya rasa ini dibakar dengan menggunakan bumbu khusus yang makin memanjakan lidah. Rasanya yang smoky dan pedas membuat siapa pun yang mencobanya pasti ketagihan. Bakso bakar merupakan makanan khas Malang yang sedang naik daun. Melalui inovasi dalam bidang kuliner yang sangat cerdas, masyarakat Malang mencetuskan makanan yang sederhana tetapi bisa sangat diterima di masyarakat..

RAWON

Makanan berkuah hitam ini adalah makanan khas Malang yang tidak boleh kamu lewatkan. Rawon adalah bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa Timur, khususnya warga Kota Malang. Sup berwarna hitam ini memiliki rasa gurih, kuah kental, dan potongan daging sapi yang empuk. Taburan bawang goreng, kecambah, dan sambal menambah cita rasa Rawon menjadi lebih segar dan nikmat.

Tidak sulit untuk mencari hidangan Rawon di Kota Malang. Banyak sekali restoran, rumah makan, hingga warung pinggir jalan yang menyajikan makanan berbumbu kluwek ini. Tapi tidak ada salahnya mengunjungi lima rumah makan yang rawonnya sudah menjadi primadona sejak puluhan tahun lalu.

WEDANG RONDE

Wedang ronde adalah minuman minuman hangat yang dibuat dari jahe dan gula yang direbus memiliki isian. Isian yang digunakan dalam Wedang ronde ini adalah bola bola dari bahan tepung ketan yang diisi dengan gula merah. Hidangan bola ketan inilah yang disebut dengan ronde. Hidangan ini merupakan hidangan adaptasi dari hidangan Tangyuan yang berasal dari Cina. Rasa dari bola ketan sendiri sangat spesial karena empuk dan juga manis, ditambah dengan kuah jahe yang diisi dengan kacang dan kolang kaling membuat makanan khas malang ini menjadi makanan yang sangat menyegarkan dan menghangatkan tubuh.

OREM-OREM

(Sumber : Instagram @henjiwong)

Kota Malang terkenal dengan produksi tempenya yang melimpah, sehingga banyak makanan yang berbahan dasar tempe. Salah satunya yaitu bernama orem-orem. Kuliner yang satu ini terdiri dari potongan tempe goreng dan ayam yang diguyur dengan kuah santan kental berwarna kuning yang rasanya tentu sangat gurih. Warga Malang biasanya menambahkan ketupat atau lontong dan tauge agar lebih membuat kenyang.

SATE KELINCI

Sate ayam atau sate kambing jadi kuliner yang biasa kita konsumsi. Tapi bagaimana dengan sate kelinci? Di kawasan Batu terdapat warung sate yang menjual sate kelinci. Jangan khawatir, meski daging kelinci bukanlah sesuatu yang lazim namun rasa sate kelinci ini enggak kalah enak kok dengan sate ayam dan dan sate kambing. sate kelinci merupakan salah satu makanan khas Malang, khususnya kota Batu. Sepanjang perjalanan dari Malang ke Batu, kamu akan melihat banyaknya rumah makan yang menyediakan kuliner yang satu ini. Mereka menggunakan kelinci yang siap potong, yaitu berusia kisaran enam bulanan. Daging kelinci dipercaya dapat menghangatkan tubuh.

CWIE MIE

Ketika kamu di malang, belum afdol rasanya jika kamu belum mencoba Cwie Mie khas malang. Makanan khas malang yang satu ini merupakan sebuah hidangan yang memiliki bahan utama berupa mie yang memiliki bentuk yang gepeng dan tipis. Bentuk dari mie yang gepeng dan tipis inilah yang membuat camilan ini menjadi camilan yang sangat nikmat. Selain dari bentuk mie yang menarik yang dimilikinya Cwimie ini juga memiliki toping yang tidak kalah lezat. Salah satu toping yang digunakan untuk membuat Cwimie ini menjadi lebih nikmat adalah taburan dari ayam giling yang berbumbu. Ayam digoreng dan dibumbui sehingga membuat Cwie Mie menjadi lebih gurih.

SOP SUMSUM

Sop adalah makanan berkuah yang biasa dikreasikan dengan beragam bahan pangan dan bumbu sehingga menghasilkan hidangan yang selalu melekat di lidah setiap orang. Makanan khas Malang ini disajikan bukan cuma berisikan sayuran segar dan kuah kaldu yang nikmat, tetapi juga tulang sapi dengan sumsum yang siap diseruput.

TEMPE MENDOL

Mendol adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tempe kedelai yang berbentuk blok (mendol). Tempe mendol ini biasanya disajikan sabagai lauk atau pun dimakan langsung sebagai menu utama. Tempe mendol memiliki tekstur yang lebih padat. Tempe mendol alias mendol tempe ini bisa kamu temui di penjual pecel. Rata-rata penjual nasi pecel juga menyuguhkan tempe mendol sebagai pelengkap.

SEGO GORENG MAWUT

Sego Goreng Mawut merupakan makanan khas Malang yang unik. Sego goreng artinya nasi goreng. Namun, yang membedakan nasi goreng dengan sego goreng mawut adalah campurannya. Sego goreng mawut juga menambahkan mie dalam sajiannya. Paduan cita rasa nasi dan mie goreng menyatu. Biasanya saat makan kamu juga akan disuguhi acar.

Itu tadi 10 rekomendasi kuliner favorit dari Malang yang wajib dan harus dicoba . Jangan lupa selalu abadikan momen bersama orang-orang terkasih. Jika anda tertarik, anda bisa mengikuti paket wisata Indonesia dari kami yang tentunya dijamin tepat dan juga terpercaya. Selain itu kami juga menyediakan sewa villa di kota Batu.