Villa Batu Malang

Search
Close this search box.
Blog & Artikel

Apakah ada larangan merokok saat haji di tanah Suci?

Photo by Irina Iriser: https://www.pexels.com/photo/close-up-photography-of-a-person-holding-cigarette-798124/

Banyak para jamaah haji 2022 yang hendak menjalankan ibadah haji mempertanyakan larangan merokok saat haji di tanah suci. Hal ini merupakan hal yang biasa terjadi karena tidak sedikit calon jamaah haji yang perokok aktif dan sulit untuk ditinggalkan.

Apakah ada larangan merokok saat haji? Simak penjelasan berikut ini.

Para jamaah umroh atau haji yang merupakan perokok aktif biasanya membawa rokok maksimal 2 slop atau dapat membawa maksimal 200 batang rokok. Keputusan untuk membawa rokok sendiri dikarenakan harga rokok di Arab Saudi sangat mahal. Untuk rokok filter merek lokal dan internasional yang kerap diproduksi di didubai dipatok dengan harga 15 hingga 20 riyal atau setara dengan Rp 55.000 – Rp 80.000 satu bungkusnya.

Selain itu, alasan para jamaah haji membawa rokok sendiri karena di Arab Saudi tidak ada rokok yang mengandung cengkeh, seperti di Indonesia.

Penjualan rokok di Tanah Suci pun bisa terbilang sangat sulit karena para pedagang jarang yang menjual rokok. Aturan menjual rokok di radius sekitar 5 km dari Masjid Nabawi dan Masjidil Haram akan diberikan sanksi tegas. Hal ini membuat penjual takut untuk berjualan rokok karena jika ketahuan mejua rokok bisa dikenakan denda sebesar 10 ribu riyal atau setara dengan Rp 36 juta.

Namun, larangan merokok sendiri tidak seketat itu. Pemerintah Saudi tidak menetapkan dam atau denda pada perokok. Meskipun ada beberapa area yang dilarang untuk merokok.

Para jamaah yang memang tidak bisa berhenti merokok, diperbolehkan untuk membawa persediaan rokok dari tanah air dengan jumlah yang secukupnya saja, atau tidak diizinkan membawa persediaan dalam jumlah banyak.

Membawa rokok dalam jumlah banyak biasanya merupakan pesanan dari anggota keluarga yang menetap di Makkah. Kadang ada pula yang membawa memang khusus untuk dijual.

Tetapi ada juga mukimin atau petugas haji asal Indonesia yang membeli rokok di tempat yang jaraknya 7 km dari lokasi mereka. Mereka rela membeli rokok di toko yang jauh dikarenakan lokasi tersebut sudah berada di luar tanah haram.

Sumber:
Nabilla, Farah. 2022. Bolehkah Merokok Saat Haji di Tanah Suci? https://www.suara.com/news/2022/06/15/190324/bolehkah-merokok-saat-haji-di-tanah-suci?page=2, diakses pada tanggal 9 Agustus 2022 pukul 10.35.

Pos Terkait
Villa Concrete, Villa Dengan Pemandangan Landscape Kota Batu
Villa & Resort

Villa Concrete, Villa Dengan Pemandangan Landscape Kota Batu

Kota Batu, sebuah kota kecil yang terletak di kaki Gunung Panderman, Jawa Timur, telah menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang mencari udara segar dan keindahan alam yang memikat. Terkenal dengan julukan “Little Switzerland of Java”, kota ini menawarkan berbagai tempat wisata yang menakjubkan. Dikelilingi oleh perbukitan yang hijau dan udara

Baca Selengkapnya »
Villa & Resort

Rekomendasi Villa dengan Kolam Renang di Batu untuk Lebaran 2024

Rekomendasi Villa dengan Kolam Renang di Batu Kota Batu Malang menjadi destinasi wisata yang diminati, terutama bagi penduduk Jawa Timur dan luar Jawa yang menginginkan liburan. Udara sejuk dan panorama alam yang memikat membuat Kota Batu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tak heran jika jumlah pengunjung yang meningkat

Baca Selengkapnya »
Villa 5 Kamar Terbaru Dekat Jatim Park 3
Villa & Resort

Rekomendasi Villa Batu dekat dengan Jatim Park 3

Kota Batu Malang menjadi destinasi wisata yang diminati, terutama bagi penduduk Jawa Timur dan luar Jawa yang menginginkan liburan. Udara sejuk dan panorama alam yang memikat membuat Kota Batu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tak heran jika jumlah pengunjung yang meningkat setiap tahun. Jika Anda berencana menginap dengan

Baca Selengkapnya »