Inilah Beberapa Tips Bagi Jamaah Haji yang Lupa Arah Pulang Ke Hotel - Villa Batu Malang
Hit Enter to search or Esc key to close

Inilah Beberapa Tips Bagi Jamaah Haji yang Lupa Arah Pulang Ke Hotel

Inilah Beberapa Tips Bagi Jamaah Haji yang Lupa Arah Pulang Ke Hotel

Thumbnail
Photo by Alex Andrews: https://www.pexels.com/photo/shallow-focus-photography-of-black-and-silver-compasses-on-top-of-map-1203808/

Meskipun jamaah haji sudah hampir seminggu tinggal di Madinah, tapi sering ditemui para jamaah calon haji yang tidak tahu arah pulang ke hotel. Biasanya hal ini sering terjadi setelah jamaah pulang selepas sholat di Masjid Nabawi. 

“Sampai saat ini, masih banyak jamaah yang diketahui bingung arah pulang ke hotel atau pemondokannya. Hal itu terjadi setelah sholat di Masjid Nabawi atau setelah keluar hotel,” ungkap Sekretaris Daker Madinah Abdillah MT dilansir Merdeka.com, Senin (13/6/22).

Menurut Abdillah, sebagian besar jamaah yang lupa arah pulang tidak membawa kartu nama hotel yang sudah dibagikan. Padahal kartu nama hotel itu bisa menjadi sarana untuk bertanya kepada petugas yang ada di sekitaran Masjid Nabawi.

“Mereka kebanyakan jamaah yang belum pernah umrah atau berhaji. Mereka biasanya tidak memperhatikan orientasi arah khususnya terkait pintu di Masjid Nabawi,” ungkapnya.

Untuk menghindari hal ini terjadi, Abdillah memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan oleh jamaah yang kelupaan arah pulang ke hotelnya, diantaranya yaitu:

  1. Tetap tenang, tidak perlu panik. Sebab, banyak petugas di sekitar masjid Nabawi.
  2. Tunjukkan kartu nama hotel saat bertanya kepada petugas yang ada di sekitar Masjid Nabawi.
  3. Kenali patokan atau penanda yang mengarah pada hotel tempat tinggal. 

Abdillah menambahkan jamaah yang kebingungan arah untuk kembali ke hotel bisa bertanya kepada petugas yang berada di Masjid Nabawi.

“Cari petugas sektor khusus Nabawi, pakai rompi hitam bertuliskan Petugas Haji Indonesia,” tambahnya. 

Sebelumnya, Kementerian Agama juga menghimbau kepada para jamaah dan petugas haji Indonesia dengan gelang identitas dan meminta mereka untuk selalu memakainya serta tak menukar dengan orang lain karena dapat menjadi data untuk proses identifikasi apabila terpisah dengan rombongan.

“Kami menghimbau kepada selutuh jamaah agar memakai gelang identitas tersebut sejak diterima sampai kembali ke rumah domisili masing-masing tanah air. Jangan hanya disimpan karena takut hilang,” jelas Akhmad Fauzin selaku Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama.

Menurut Akhmad, gelang identitas tersebut memuat sejumlah informasi penting terkait jamaah. Ada enam kolom dalam gelang tersebut yang berisi keterangan asal embarkasi dan tahun keberangkatannya. Misalnya, JKS 1443 H yang artinya adalah jamaah asal Embarkasi Jakarta-Bekasi yang berangkat pada 1443 H.

Sedangkan kolom kedua berisi nomor kloter, kolom ketiga berisi keterangan nomor paspor jamaah, keempat memuat tulisan jamaan haji Indonesia dalam bahasa arab (al hajjul indonesiyyi).

Kemudian kolom kelima berisi nama jamaah atau petugas sesuai nama di buku paspor, dan kolom terakhir berisi bendera Indonesia sekaligus sebagai penanda jamaah atau petugas asal Indonesia. 

“Gelang tersebut terbukti sangat memudahkan berbagai pihak untuk mengidentifikasi jamaah ketika terpisah, lupa arah jalan ke pemondokan, dan lain-lain,” lanjutnya. 

Sumber:
Yamani, Zaky Al. 2022. 3 Tips Buat Jemaah Haji yang Lupa Arah Pulang ke Hotel di Madinah. https://www.viva.co.id/berita/nasional/1484717-3-tips-buat-jemaah-haji-yang-lupa-arah-pulang-ke-hotel-di-madinah?page=1, diakses pada 10 November 2022 pukul 09.54. 
Adi, Chandra. 2022. Jemaah haji lupa arah pulang ke hotel, Jangan Panik Lakukan Tips Berikut. https://portaljogja.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-254739931/jemaah-haji-lupa-arah-pulang-ke-hotel-jangan-panik-lakukan-tips-berikut?page=2, diakses pada 10 November 2022 pukul 10.03.
Lubabah, Raynaldo Ghiffari. 2022. Banyak Jemaah Haji RI Tak Tahu Arah Pulang ke Hotel, Ini Tips agar Tidak Tersesat. https://www.merdeka.com/peristiwa/banyak-jemaah-yang-tak-tahu-arah-pulang-ke-hotel-ini-tips-agar-tidak-tersesat.html, diakses pada 10 November 2022 pukul 10.05.