Kandungan Air Zam-Zam - Villa Batu Malang
Hit Enter to search or Esc key to close

Kandungan Air Zam-Zam

Kandungan Air Zam-Zam

Thumbnail

Salah satu buah tangan yang selalu dibawa oleh jamaah umrah atau haji adalah air zam-zam. Umumnya air zam-zam ini akan dibagikan kepada sanak saudara agar mereka secepatnya bisa tertular untuk menunaikan ibadah juga. Air zam-zam memiliki kandungan yang berbeda dari air mineral pada umumnya. 

Letak sumber air zam-zam berada di sumur yang terletak di sebelah timur Kabah di Makkah, Arab Saudi.  Dikutip dari National Center for Biotechnology Information (NCBI), sumur dengan kedalaman sekitar 30,5 meter serta air di dalamnya itu steril dan bebas patogen, sehingga tidak memungkinkan bakteri dan jamur tumbuh. Air Zamzam tinggi akan kandungan kalsium, magnesium, mineral, dan selenium, arsenik dan nitrat serum yang terdapat jejak ion logam; vanadium, mangan besi, kobalt, tembaga,seng dan molibdenum.

Air zam-zam pun tidak mengalami proses pengolahan, sehingga tidak akan mungkin terdapat kontaminasi. air zam-zam tidak berbau dan berasa apapun, bahkan ketika air zam-zam didiamkan dalam waktu yang lama, tidak akan ada perubahan kualitas rasa dan bau.    

Banyak ilmuwan berpendapat mengenai air zam-zam yang khas ini. air zam-zam dipercaya dapat membuat lebih sehat. penelitian membuktikan bahwa tidak ada bakteri atau mikroba yang tumbuh di dalam sumur air zam-zam. 

Penelitian yang berbeda juga pernah dilakuka pada tahun 2012. penelitian ini meneliti mengenai kadar racun yang terkandung pada air zam-zam. air zam-zam memang mengandung arsenik (As), kadmium (Cd), timbal (Pb), dan selenium (Se) yang dianggap berbahaya bagi tubuh.  hasilnya adalah bahwa kadar racun pada air zam-zam ini ada di bawah ambang berbahaya bagi tubuh. namun peneliti menyarankan perlunya adanya penelitian lebih lanjut soal kandungan air ini untuk pembaharuan penelitian. 

Sumber:

CNN Indonesia. 2020. “Air Zamzam, Khasiat dan Kandungan Secara Ilmiah”.  https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200515131248-199-503711/air-zamzam-khasiat-dan-kandungan-secara-ilmiah. diakses 12 agustus 2022. 13.22
Azanella., L.A. 2022. “Kandungan dan Manfaat Air Zamzam”, Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2022/07/18/073000665/kandungan-dan-manfaat-air-zamzam?page=all. diakses 12 Agustus 2022. 14.02