Meski Sunnah, Inilah Hikmah Dari Pelaksanaan Ibadah Umrah Dan Haji - Villa Batu Malang
Hit Enter to search or Esc key to close

Meski Sunnah, Inilah Hikmah Dari Pelaksanaan Ibadah Umrah Dan Haji

Meski Sunnah, Inilah Hikmah Dari Pelaksanaan Ibadah Umrah Dan Haji

Thumbnail
Sumber: Photo by KHAWAJA UMER FAROOQ on Unsplash

Ibadah Haji dan Umrah merupakan rukun islam yang ke lima. Ibadah Haji merupakan kewajiban bagi umat muslim apabila ia mampu dari segi biaya dan fisik. Ibadah haji wajib bagi orang yang mampu karena perjalanan menuju tanah suci membutuhkan banyak persiapan yang memerlukan biaya banyak serta memerlukan kesiapan dari segi fisik maupun bagi yang akan menjalaninya. Sedangkan ibadah umrah adalah kegiatan berziarah ke tempat ramai, dalam konteks ibadah umrah yaitu berkunjung menuju kabah untuk melaksanakan ibadah kepada Allah SWT.

Hikmah merupakan akibat atau pengaruh yang timbul dari diri manusia setelah melakukan atau meninggalkan suatu hal. Bisa diartikan sebagai manfaat atas sesuatu. Hikmah bisa terjadi pada semua hal, termasuk ibadah haji dan umrah.

Allah menjanjikan kepada orang-orang yang mengerjakan haji akan mendapatkan banyak manfaat dan hikmah. Haji termasuk dalam kewajiban umat islam yang dapat menghasilkan pahala, Allah SWT berfirman dalam Alquran:

Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu bagi orang-orang yang sanggup mengadakan perjalan ke Baitullah. Barang siapa mengingkari kewajiban haji, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya dari alam semesta.” (Al Imran: 97)

Hikmah Ibadah Haji

  • Haji Mabrur Dibalas surga

Dalam beberapa haditsnya, Rasulullah SAW menjelaskan hikmah ibadah haji dan umrah. Salah satunya saat beliau bersabda: “Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga.” (HR Bukhari dan Muslim). Hadits tersebut menjelaskan bahwa bagi seseorang yang mabrur ibadah hajinya akan diganjar dengan surga. Salah satu mengetahui mabrur atau tidaknya seseorang adalah jika telah melakukan seluruh syarat dan rukun haji dengan baik, dan memiliki kepribadian yang lebih baik saat pulang ke tanah air.

  • Meningkatkan kedisiplinan

Ketika sedang berada di tanah suci Makkah dan Madinah, seluruh umat islam yang melaksanakan ibadah haji dan umrah harus membiasakan diri untuk disiplin dalam melaksanakan setiap amalan ibadah haji dan umrah, termasuk disiplin dalam menunaikan sholat. Oleh karena itu, umat islam diharapkan dapat menerapkan sifat disiplin ini bahkan setelah haji dan umrah selesah. Hal ini termasuk salah satu hikmah haji dan umrah adalah meningkatkan kedisiplinan umat islam.

  • Memunculkan sifat sabar

Hikmah ibadah haji dam umrah selanjutnya yaitu memunculkan sifat sabar. Ketika melaksanakan ibadah haji dan umrah, tentunya banyak sekali cobaan dan godaan yang muncul. Salah satu ujian dan godaan dari ibadah haji dan umrah adalah soal fasilitas yang seperti mengantri fasilitas umum. Hal ini menguji diri untuk bersifat sabar. Karena sifat egois dan mementingkan diri sendiri akan mengurangi nilai ibadah yang sedang dilakukan.

  • Menghapus dosa dan mendapatkan surga

Bukankah kamu mengetahui wahai ‘Amru bahwa (agama) islam itu menghapus (dosa-dosa) di masa lalu? Dan bukankah hijrah itu (juga) menghapuskan (dosa-dosa) di masa lalu? Dan bukankan haji itu (juga) menghapuskan (dosa-dosa) di masa lalu?.” (HR Muslim)

Ibadah umrah pun juga begitu, apabila kita melaksanakan ibadah umrah maka dosa-dosa yang telah diperbuat akan diampuni oleh Allah SWT. Hal ini menjadi sesuatu yang luar biasa dan menjadi hikmah ibadah haji yang sangat baik, mengingat manusia merupakan tempatnya khilaf dan dosa.

Dalam sebuah hadits, dari Abu Hurairah RA, beliau berkata: “Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda,’Umrah satu ke umrah lainnya adalah penebus dosa antara keduanya dan haji yang mabrur tidak ada pahal baginya selain surga’.” (HR Bukhari dan Muslim).

  • Menghilangkan kefakiran

Ikutilah antara haji dan umrah (yaitu lakukanlah amalan haji, kemudian dilanjutkan dengan menunaikan umrah), karena keduanya itu akan menghilangkan kefakiran atau kemiskinan dan menghapus dosa-dosa, sebagaimana bara api (menghilangkan) kotoran besi, emas, dan perak. Dan tidak ada balasan atau pahala bagi haji yang mabrur kecuali jannah (surga).” (HR Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah, dan An-Nasa’i).

Perumpamaan yang ditunjukkan oleh Rasulullah SAW dapat membuat suatu kaum apabila mereka menginginkan dan berusaha mewujudkan, sama seperti usaha saat seseorang hendak pergi berhaji.

Sumber :
Afifah, Fia. 2021. “10 Hikmah Ibadah Haji yang Menenangkan Hati, Masya Allah!”, https://www.orami.co.id/magazine/hikmah-ibadah-haji, diakses pada 08 Agustus 2022 pukul 13.05.
https://www.ikhwanulikhlaswisata.com/artikel/artikel-umroh/hikmah-pelaksanaan-ibadah-haji-dan-umroh