Oleh-oleh Haji atau Umrah untuk Kerabat Dekat - Villa Batu Malang
Hit Enter to search or Esc key to close

Oleh-oleh Haji atau Umrah untuk Kerabat Dekat

Oleh-oleh Haji atau Umrah untuk Kerabat Dekat

Thumbnail
Photo by Kim Stiver: https://www.pexels.com/photo/person-s-holds-brown-gift-box-842876/

Setiap umat muslim yang melakukan Ibadah haji atau umrah pasti berkeinginan untuk memberikan buah tangan atau oleh oleh untuk kerabat dekatnya. Selepas menjalankan ibadah haji atau umrah, hal yang tak terlupakan setiap dari Tanah Suci adalah membawa buah tangan atau oleh-oleh haji dan umrah. 

Meskipun oleh oleh bukan merupakan suatu hal yang wajib, namun memberikan buah tangan biasanya dilakukan oleh masyarakat kita sebagai bentuk simbolis. Berikut oleh-oleh haji atau umrah yang bisa dibawa dan dibagikan kepada kerabat dekat:

Tasbih

Tasbih menjadi pelengkap oleh-oleh haji atau umrah karena ukuran tasbih kecil dan mudah dibawa sangat beramanfaat dalam menjalankan ibadah. Bahkan, terkadang tasbih bersifat sakral bagi pemiliknya. Oleh sebab itu, tasbih sering dijadikan oleh-oleh haji atau umrah.

Sajadah

Oleh-oleh haji atau umrah yang bisa dibawa adalah sajadah. Sajadah merupakan salah satu perlengkapan ibadah sholat yang selalu dipakai umat muslim. Dengan memberikan sajadah dapat beramnfaat bagi penerimanya. 

Kopiah atau Peci

Kopiah atau peci dapat oleh-oleh haji atau umrah dari Tanah Suci. Kopiah adalah penutup atas kepala dan ujung rambut bagi seorang muslim. Kopiah atau peci yang berasal dari Tanah Suci biasanya memiliki daya tarik tersendiri bagi penerimanya. Memberikan kopiah atau peci sangat bermanfaat bagi penerimanya. 

Hijab

Hijab menjadi oleh-oleh haji atau umrah yang pas bagi kaum hawa. Perempuan muslim biasanya menggunakan hijab dikarenakan mereka tahu bahwa dalam syariat islam, menutup aurat adalah kewajiban bagi muslimah untuk menjaga fitrahnya. Salah satu outfit pelengkap yang berfungsi sebagai penutup bagian kepala, rambut, hingga dada bagi seorang muslimah. Oleh karena itu, hijab menjadi oleh-oleh haji atau umroh yang bermanfaat bagi kaum perempuan. 

Sarung

Bagi kaum adam, sarung sangat pas sebagai oleh-oleh haji atau umrah. Sarung sangat berguna bagi kaum adam untuk melakukan ibadah sholat. Bahkan, untuk kegiatan ibadah yang dilakukan sehari-hari. Karena itulah, memberikan sarung kepada penerima berjenis laki-laki akan sangat bermanfaat.

Mukenah

Selain hijab sebagai oleh-oleh haji atau umrah bagi kaum hawa, mukena juga menjadi souvenir yang cocok diberikan kepada perempuan. Mukena menjadi pilihan yang cocok, karena banyaknya model mukena khas Arab dengan beragam corak dan pilihan warna yang menarik. Tidak hanya itu saja, bahan yang berkualitas tinggi seperti mukenah dari kain berbahan parasur atau kain katun. Mukenah tersebut dijual dengan harga kisaran Rp 35.000 hingga Rp 125.000, dan ada yang lebih dari itu kualitasnya. Mukenah tersebut dikemas dengan rapi dan menarik yang menjadikannya semakin indah untuk dijadikan oleh-oleh haji atau umrah. 

Sumber:May. 2022. 6 Oleh-oleh Haji atau Umrah untuk Saudara di Kampung Halaman. https://www.viva.co.id/gaya-hidup/inspirasi-unik/1499454-6-oleh-oleh-haji-atau-umrah-untuk-saudara-di-kampung-halaman, diakses pada 10 Agustus 2022 pukul 12.12.